Detail Artikel


  • 31 Desember 2016
  • 7.127
  • Artikel

Olahraga ala Naik Turun Tangga.

Dimanakah letak ruangan kerja anda di kantor, lantai 1,2,3, atau lebih? Jika di lantai 2 atau lebih, bagaimana cara anda sampai ke sana, naik lift, escalator, atau tangga? 80% persen dari anda pasti memilih lift jika tersedia, lebih cepat, praktis, dan hemat tenaga. Naik ke lantai 2 atau lebih menggunakan tangga, memang sangatlah menguras tenaga. Bisa jadi pagi setelah sarapan, habis tenaga yang diproduksi oleh zat makanan sarapan untuk menuju ke ruangan kerja anda apabila berada di lantai 2 atau lebih. Hmmm…tapi tahukah anda, naik turun tangga merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup efektif karena dengan waktu singkat, semua organ tubuh bergerak. Banyak manfaat yang dapat diambil dari olahraga naik turun tangga. Pada tulisan ini, akan ditampilkan 10 manfaat yang didapat dari naik turun tangga bagi kesehatan.

 

1. Anaerobic Fitness

Cara ini disebut dengan anaerobic fitness yang dapat melatih pernafasan serta meningkatkan kemampuan bernafas agar lebih panjang dan tidak mudah lelah. Jika dilatih terus menerus, secara bertahap cara ini akan membuat anda tidak mudah merasa lelah dan ngos-ngosan ketika melalukan aktivitas yang berat maupun aktivitas yang terburu-buru.

Secara tidak langsung, anaerobic fitness selain melatih pernafasan juga melatih otot-otot kaki dan juga jantung. Untuk melatih pernapasan tertatur melakukan kegiatan fitnes secara rutin menjadi pilihan yang paling mudah. Sebab manfaat fitnes sendiri cukup baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari otot hingga gerak jantung yang sehat.

 

2. Aerobic Fitness

Saat melakukan naik turun tangga, organ kardiovaskuler dilatih untuk meningkatkan metabolisme tubuh secara bertahap yang biasa disebut dengan aerobic fitness. Pada tahap awal tubuh akan merasa lelah dan pegal, namun ketika sudah terbiasa akan merasa lebih segar dan bugar. Namun dengan disertai pemanasan yang cukup tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Manfaat senam aerobik itu sendiri dapat membakar lemak dalam tubuh dengan mengeluarkan keringat karena gerakan yang cukup atraktif saat melakukan senam. Sehingga tubuh menjadi lebih ternaga dengan memperkuat otot pada bagian lengan, kaki, betis maupun paha.

 

3. Cardio Training

Selain melakukan lari dengan treadmill, naik turun tangga juga dapat melatih cardio dalam tubuh kita. Dengan naik turun tangga untuk melatih cardio, kita dapat menentukan berapa jauh jarak yang harus ditempuh dan juga berapa lama kita harus melakukan gerakan naik turun tangga.

Cardio yang dilatih sama dengan lari dengan menggunakan treadmill bahkan cardio yang dikeluarkan akan lebih banyak di bandingkan dengan lari di treadmill. Karena gerakan naik turun tangga lebih banyak mengeluarkan tenaga. Treadmill ini juga dapat dilakukan pada pagi dan malam hari. Manfaat olahraga pagi hari akan sangat membuat tubuh menjadi lebih fresh dengan melakukan treadmill.

 

4. Core Training

Sendi dan punggung memang sering sekali menjadi titik sakit pada tubuh. Dengan melakukan naik turun tangga dapat mengurangi rasa sakit tersebut secara bertahap yang disebut juga dengan core training. Terutama bagi para pekerja kantoran yang pekerjaannya hanya duduk didepan komputer dan di balik meja biasanya akan merasakan nyeri pada punggung, sendi, dan leher. Cara naik turun tangga ini dapat mengurangi dan meredakan rasa nyeri tersebut.

 

5. Membentuk Otot

Naik turun tangga dapat membantu pembentukan otot kaki dengan cara yang sederhana dan mudah. Otot-otot kaki akan terbentuk jika melakukan olahraga ini secara rutin dan juga selain untuk membentuk otot kaki, naik turun tangga juga bermanfaat untuk memangkas lemak-lemak pada tubuh anda terutama dibagian pinggul, perut, dan juga bagian paha. Cara ini sangat praktis dan mudah daripada melakukan fitness.

Hal ini juga terdapat pada manfaat push up yang dilakukan secara rutin. Melakukan push up untuk melatih otot pada lengan dan kaki karena menahan bobot tubuh dengan bertelungkup dan di topang dengan kedua tangan dan kaki.

 

6. Menguatkan Otot

Jika otot-otot sudah terbentuk, maka manfaat naik turun tangga akan berubah menjadi menguatkan otot-otot pada tubuh. Selain itu juga cara naik turun ini dapat menjadi pencegahan agar tidak terjadinya osteoporosis yang disertai dengan mencukupi kebutuhan kalsium bagi tubuh dan dengan cara itu secara bertahap anda akan merasakan perubahan yang terjadi.

 

7. Menurunkan Berat Badan

Naik turun tangga yang dilakukan secara rutin akan membuat lemak lemak pada tubuh terkikis dan membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Secara signifikan berat badan akan menjadi turun setelah rutin melakukan naik turun tangga ini dan akan terlihat perbedaannya secara bertahap. (baca juga: manfaat aerobik untuk menurunkan berat badan)

 

8. Mengurangi Stress

Kebanyakan orang, saat merasa marah atau stress menganggap bahwa makan adalah salah satu cara agar menghilangkan rasa marah dan stress tersebut. Makanan ringan dan manis akan menjadi pilihan utama untuk menghilangkan stress contohnya coklat. Padahal kalori pada makanan ringan tersebut sangatlah besar bahkan jika dikonsumsi terus menerus akan berakibat tubuh menjadi obesitas, kolestrol, dan penyakit lainnya.

Oleh sebab itu untuk menghindari bahaya dari makanan ringan tersebut, jika anda merasa stress dan marah, anda dapat mmenggunakan cara seperti naik turun tangga. Para peneliti ilmiah mengungkapkan bahwa menaik turuni tangga selama 10menit dapat mendorong kekuatan mental.

 

9. Berfikir Positive

Dengan naik turun tangga, aliran darah dapat mengalir dengan lancer keseluruh tubuh sehingga aliran darah didalam kepala juga mengalir dengan baik yang akan mencerahkan pikiran. Hanya  dibutuhkan sedikit pergerakan saja untuk membuat koneksi dengan tubuh yang akan mendulang energy. Pikiran yang positif dapat membantu memperlancar pekerjaan anda.

 

10. Memperkuat Jantung

Kalori yang terbakar dari naik turun tangga ini mempunyai manfaat besar bagi jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa naik turun tangga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan juga dapat melatih jantung agar tidak mudah lelah saat melakukan aktifitas yang berat. Pernafasan juga akan terlatih dengan sendirinya saat melakukan gerakan ini agar tidak mudah terserang asma atau sesak nafas.

Naik turun tangga dapat membakar kalori sebanyak 250 persen lebih banyak dibandingkan dengan berenang dengan jangka waktu yang sama. Para ahli terkemuka juga sekarang ini mulai merekomendasikan untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan meningkatkan aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, berjalan kaki, dan naik turun tangga agar kalori yang terdapat dalam tubuh dapat terbakar dengan efektif dan menjadikan lemak yang ada di dalam tubuh berkurang.

 

Banyak sekali manfaat yang didapat dari naik turun tangga ini, dari melakukan hal yang simple seperti ini dapat menghasilkan tubuh yang sehat dari luar maupun dalam dan juga menguatkan mental orang yang melakukannya. Jadi, daripada harus pergi jauh-jauh ke tempat gym, lebih baik berolahraga yang mudah namun khasiatnya sama dengan melakukan fitness.

 

Sumber :

http://manfaat.co.id

http://www.kompasiana.com

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.152
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.622.575