Detail Info Kegiatan


  • 31 Juli 2024
  • 52
  • Info Kegiatan

Monev dan pendampingan KKS Kab. Bantul

Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Penyelenggaraan kegiatan KKS berpedoman pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat.  Dalam penyelenggaraan KKS dibentuk Tim Pembina KKS (TP KKS)  secara  berjenjang dari tingkat DIY sampai tingkat kabupaten.  Tim Pembina KKS DIY tertuang dalam SK Gubernur Nomor:  27/TIM/2023 tentang Pembentukan Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu peran dari Tim Pembina KKS DIY yaitu melakukan pembinaan dan evaluasi penyelanggaraan KKS di Kabupaten/Kota. Kegiatan KKS tahun 2024 ini bertujuan melakukan evaluasi penyelenggaraan KKS tahun 2023 dan pembinaan untuk penyusunan dokumen usulan penghargaan KKS Swastisaba tahun 2025. Pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2024 TP KKS DIY melakukan evaluasi kegiatan KKS di Kabupaten Gunung Kidul sekaligus pendampingan persiapan verifikasi KKS Tahun 2025.  Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Kab. Bantul.  Pertemuan dihadiri  ketua Tim Pembina KKS Kabupaten Bantul dari Bappeda Banntul, Dinas Kesehatan bantul dan perwakilan Forum KKS Bantul. Sedangkan Tim Pembina KKS DIY dipimpin oleh Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DIY,  dan beberapa TP KKS DIY dari Bappeda DIY, Dinkes DIY, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan, Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang DIY, Dinas Koperasi Dan UMKM DIY, Satpol PP DIY.

Saat ini kegiatan yang KKS di Bantul sudah pada tahap penentuan lokasi-lokasi unggulan dan verifikasi lapanagan untuk persiapan verifikasi tahun 2025. Beberapa hal yang perlu ditingdaklanjuti  dari pertemuan ini antara lain penyamaan persepsi tlintas sektor dan TP KKS Kabupaten dan Forum terkait indikator KKS , pendampingan dan pengawasan leh lintas sektor perlu ditingkatan sehingga nilai tidak turun, melakukan pengawalan data indikator yang belum tercapai dan melengkapi data dukung sesuai dengan definisi operasional. Tim Pembina KKS DIY pada bulan September -Oktober akan melakukan pendampingan dan verifikasi dokumen KKS Kab Bantul. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.275
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.109.463