Detail Artikel


  • 22 Maret 2023
  • 778
  • Artikel

Memayu Ajining Husada Amrih Rahayuning Ngayogyakarta. Sekedar TAGLINE?

Pernah mendengar kalimat tersebut? Kalimat tersebut kerap terucap pada sambutan atau materi yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai closing statement dalam paparannya.

Jika diterjemahkan secara harfiah, tagline tersebut memiliki makna memperindah atau mempercantik kualitas kesehatan untuk keselamatan Yogyakarta. Lebih dari itu, tagline yang diusung Dinas Kesehatan DIY ini digunakan sebagai upaya mengejawantahkan nilai moral falsafah Hamemayu Hayuning Bawana yang dapat dimaknai sebagai laku menuju keselamatan dan kebahagiaan hidup. Tagline ini juga digunakan untuk menanamkan spirit keseriusan dan mengandung makna lebih mendalam pada implementasinya.

Memayu Ajining Husada Amrih Rahayu Ngayogyakarta, jika diakronimkan menjadi MAHARANY merupakan tagline yang dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat di DIY. Tagline ini digunakan untuk melekatkan semangat bekerja bagi seluruh tenaga kesehatan sebagai bagian dari upaya Dinas Kesehatan DIY dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah DIY.

MAHARANY berfokus pada tiga hal utama, yaitu: (1) pencegahan penyakit/masalah kesehatan, (2) pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan, dan (3) peningkatan kualitas layanan kesehatan. Dalam bidang pencegahan penyakit/masalah kesehatan, Dinkes DIY melibatkan berbagai pihak, seperti keluarga, masyarakat, tenaga kesehatan, akademisi, dan lintas lembaga maupun lembaga non government yang dikenal sebagai pentahelic. Upaya pencegahan dilakukan dengan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai pola hidup sehat, serta melaksanakan program vaksinasi untuk mencegah penyebaran penyakit.

Dalam bidang pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan, Dinkes DIY menempatkan pelayanan kesehatan sebagai hal yang penting dengan menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat. Dalam hal ini, Dinkes DIY memiliki program terkait pengelolaan jaminan kesehatan masyarakat serta pembinaan pelaksanaan upaya pelayanan kesehatan untuk memastikan bahwa layanan kesehatan dapat tersedia dengan baik dan terjangkau bagi masyarakat.

Dalam hal peningkatan kualitas layanan kesehatan, Dinkes DIY melakukan koordinasi dan supervisi terhadap seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di wilayahnya. Selain itu, Dinkes DIY memiliki program terkait peningkatan mutu pelayanan fasilitas kesehatan serta peningkatan kompetensi dan kualifikasi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap fasilitas pelayanan kesehatan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan aman bagi masyarakat. 

Secara umum, MAHARANY tidak hanya sekedar tagline yang tersurat, namun falsafah yang terbobot pada upaya positif dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat DIY. 

----------------------------------------

Raden Sanjoyo, S.Kom, MPH
Penyusun Program Anggaran dan Pelaporan
Dinas Kesehatan DIY

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.241
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.846.080