Detail Artikel


  • 24 Mei 2023
  • 358
  • Artikel

Melihat ILM di Medsos Dinkes DIY

Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai. Sebenarnya hal tersebut dapat dicegah melalui upaya kesehatan dengan mengutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku sehat sebenarnya sudah ada di masyarakat, namun perlu dikuatkan dan diperluas praktik implementasinya di kalangan keluarga dan masyarakat.

Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui; kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner. GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Promosi kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mampu berperan serta secara aktif dalam pengembangan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan di dukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Tujuan utama promosi kesehatan meliputi 2 hal yakni peningkatan perilaku sehat dan peningkatan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. Edukasi menjadi salah satu bagian dari promosi kesehatan.

Upaya edukasi dapat dilakukan dengan berbagai media. Analisis terhadap minat masyarakat pada media sangat perlu agar upaya edukasi tepat sasaran dan memberikan efektifitas yang baik. Saat ini, teknologi ponsel pintar yang dengan mudah dapat mengakses internet sudah menjangkau hamper semua lapisan masyarakat. Situasi ini mengakibatkan sangat mudahnya distribusi data apapun dari satu orang ke orang lain, tak terkecuali data berupa video. Hal ini dapat dijadikan sarana untuk mempermudah edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Iklan Layamam Masyarakat (ILM) dalam bentuk video singkat, saat ini menjadi salah satu konten yang diminati masyarakat. Materi ringan, artis kocak, dan dibumbui cerita-cerita lucu dalam alurnya, menjadikan film pendek sebagai konten menarik perhatian masyarakat. Melihat potensi ini, Dinas Kesehatan DIY melaksanakan produksi video singkat ILM yang berisikan pesan kesehatan. Produksi ini kemudian ditayangkan di Media Sosial yang dimiliki Dinas Kesehatan DIY. Adapun akun media sosial Dinas Kesehatan DIY yaitu

1. Youtube : @dinaskesehatandiy

2. Instagram : @dinas_kesehatan_diy

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 31.937
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.811.769