Detail Artikel


  • 21 April 2022
  • 2.533
  • Artikel

Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Mahkota dewa biasanya digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Mahkota dewa memiliki nama latin yaitu Phaleria macrocarpa atau God’s Crown. Mahkota dewa termasuk sebagai salah satu jenis tanaman buah dari Indonesia. Manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

 

Kandungan di Dalam Buah Mahkota Dewa

 

Mahkota dewa atau disebut sebagai buah simalakama memiliki beberapa senyawa seperti alkaloid, fenol, lignan, tannin, saponin, sterol, dan juga minyak atsiri. Dengan banyaknya senyawa aktif di dalam buah mahkota dewa, tidaklah heran jika buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

 

Umumnya mahkota dewa dikonsumsi sebagai obat herbal dengan cara meminum air rebusannya. Buah mahkota dewa dikeringkan kemudian diambil ekstraknya untuk kemudian dijadikan bentuk kapsul agar mudah diminum. Selain itu, cara ini juga akan menghindarkan dari bahaya menelan bagian bijinya yang disebut mengandung racun. Di samping dalam bentuk kapsul, beberapa orang mengonsumsi buah mahkota dewa dengan mengolahnya menjadi minuman teh herbal.

 

Cara Mengolah Mahkota Dewa

 

Buah mahkota dewa tidak sama dengan buah pada umumnya. Sebab, buah ini tidak dapat dikonsumsi langsung. Perlu proses khusus dalam pengolahannya sehingga dapat dikonsumsi secara aman. Ada beberapa bentuk olahan untuk mendapatkan manfaat mahkota dewa yang biasa dijadikan ramuan herbal. Berikut ini beberapa cara mengolah mahkota dewa hingga yang siap dikonsumsi.

 

1.Teh Rebusan Batang

Kulit pada bagian batang pohon mahkota dewa dapat dijadikan sebagai minuman teh herbal yang berkhasiat. Cara mengolahnya adalah dengan mengambil kulit terluar pada bagian batang pohon mahkota dewa. Kemudian, jemur hingga menjadi kering sempurna. Kulit batang mahkota dewa yang telah kering kemudian direbus selama 5 hingga 10 menit. Lalu, konsumsilah selagi hangat.

 

2.Teh Mahkota Dewa

Hampir sama seperti teh batang mahkota dewa, cara membuat teh mahkota dewa adalah dengan mengiris buahnya menjadi potongan yang kecil dan tipis. Kemudian, buang biji buah mahkota dewa karena bijinya mengandung racun yang berbahaya. Selain itu, keringkan terlebih dahulu irisan buah mahkota dewa tersebut hingga benar-benar kering.

 

Simpan mahkota dewa yang telah kering ke dalam wadah bersih. Gunakan sebanyak 3 hingga 4 irisan untuk dijadikan minuman herbal. Cukup masukkan irisan buah mahkota dewa ke dalam satu gelas air mendidih untuk kemudian disajikan selagi hangat.

 

Manfaat Konsumsi Mahkota Dewa

 

Bila kamu mengonsumsi minuman herbal mahkota dewa secara teratur, kamu bisa mendapatkan manfaat dan khasiat yang berguna bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat yang dari mengonsumsi mahkota dewa:

 

1.Obat Diabetes

Kandungan saponin di dalam buah mahkota dewa dapat berfungsi seperti halnya insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Saponin dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang berguna dalam pengobatan pasien diabetes.

 

2.Menurunkan Kolesterol

Mahkota dewa juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat berfungsi dalam penurunan kandungan kolesterol jahat. Penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi minuman mahkota dewa agar dapat memecah timbunan lemak dalam tubuh.

 

3.Obat Asam Urat

Kamu juga bisa mengobati penyakit asam urat dengan mengonsumsi minuman herbal mahkota dewa secara rutin. Kandungan polifenolnya dapat membantu secara efektif dalam menghambat produksi asam yang berujung pada penyakit asam urat.

Manfaat mahkota dewa dalam pengobatan tradisional sudah tidak lagi diragukan. Banyak orang yang merasa teringankan dari penyakit berbahaya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan juga mengonsumsi minuman mahkota dewa secara teratur. Namun, hindari konsumsi mahkota dewa secara berlebihan untuk mengurangi dampak buruk akibat kelebihan senyawa aktif buah tersebut di dalam darah.

 

Disadur dari : https://jovee.id/mahkota-dewa-obat-herbal-berkhasiat-tinggi/

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.448
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 7.879.085