Detail Info Kegiatan


  • 20 Desember 2022
  • 615
  • Info Kegiatan

Kunjungan Kaji Banding Program TB Dinas Kesehatan Kota Tangerang di Dinkes DIY

Pada hari Rabu tanggal  20/12/2022 bertempat di Aula B Dinas Kesehatan DIY Tim TB Dinkes DIY (Kepala Bidang P2, Wasor TB dan TO PPM)  bersama Dinkes Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang.
Kedatangan Dinkes Kota Tangerang disambut oleh Ibu Setyorini Hestu Lestari, SKM, MPH selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DIY. Ibu Rini mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan dari Dinkes Kota Tangerang. Beliau berharap hasil kunjungan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan pencapaian program TB. 

Sambutan Dinkes Kota Tangerang di wakili oleh dr. Harmayani MPH selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tangerang. Beliau menyampaikan maksud dan kunjungan ke DIY untuk belajar tentang implementasi program TB terkait ACF di DIY khususnya di Kota Yogyakarta. 
Agenda selanjutnya yaitu paparan dari Ibu Setyorini Hestu Lestari SKM MPH terkait situasi dan inovasi program TB di DIY. Dalam paparan nya Ibu rini menyampaikan bahwa capaian penemuan kasus TB tahun 2022 belum mencapai target, tetapi capaian penemuan kasus TB  meningkat dan paling tinggi dalam 5 tahun terakhir.  Upaya peningkatan penemuan kasus melalui beberapa inovasi dilakukan DIY antara lain: Kegiatan Ketuk Pintu TBC, Investigasi Kontak TBC, Investigasi Kontak Komunitas Siklus, Skrining X-ray Zero TB Yogyakarta, Skrining Mandiri TBC Kampus Sehat, dan Sosialisasi TBC “Kolektif”.
Paparan selanjutnya yang disampaikan oleh dr.Lana kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Yogyakarta mengenai situasi TB dan Program ACF yang dilakukan bersama Zero TB. Program ACF di kota Yogyakarta meningkatkan cakupan penemuan kasus tb. 

Kegiatan selanjutnya dilakukan yaitu dilanjutkan kunjungan ke Pasar Pingit untuk melihat kegiatan ACF dengan menggunakan Mobile X-ray. 


Kontributor Edwin Daru Anggara (TO PPM Global Fund)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.378
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.156.753