Detail Berita


  • 08 November 2023
  • 2.316
  • Berita

Kick Off Vaksinasi Hepatitis B bagi Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan di DIY

Penyakit Hepatitis B saat ini masih menjadi masalah Kesehatan Masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Data Riskesdas 2013 menunjukkan prevalensi Hepatits B sebesar 7,1% dengan penularan terbesar secara vertical yaitu dari Ibu ke anak dan secara horizontal terjadi melalui kontak darah dan/atau hubungan seksual berisiko.

Tenaga medis dan tenaga Kesehatan merupakan populasi berisiko tinggi tertular dan menularkan hepatitis B, sehingga penting untuk diberikan perlindungan kepada tenaga Kesehatan dari penularan hepatitis B. Berdasarkan Pearturan Menteri Kesehatan nomor 12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan imunisasi, disebutkan bahwa imunisasi hepatitis B pada dewasa merupakan imunisasi pilihan.

Dalam rangka melindungi Tenaga kesehatan dari penularan (tertular dan atau menularkan) Hepatits B, pemerintah melaksanakan imunisasi hepatitis B untuk tenaga medis dan tenaga Kesehatan yang dimulai pada tanggal 8 November 2023 dengan dosis sebanyak 3 kali yang akan diberikan di bulan ke 0, bulan ke 1 dan bulan ke 6. Sebelum dilakukan imunisasi tersebut, terlebih dahulu tenaga medis dan tenaga Kesehatan dilakukan pemeriksaan tes cepat HbsAg, dan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan cepat anti Hbs. Jika kedua pemeriksaan tersebut hasilnya non reaktif/ negative, maka akan dilanjutkan dengan pemberian imunisasi hepatitis B.

Tenaga medis dan Tenaga kesehatan yang menjadi sasaran dalam imunisasi hepatitis saat ini adalah Dokter, Dokter gigi, Perawat, Bidan, Ahli teknologi laboratorium medik di Puskesmas dan FKTP lainnya serta Dokter, Dokter spesialis, Dokter gigi, Dokter gigi spesialis, Perawat, Bidan, dan Ahli teknologi laboratorium medik di FKTRL (Rumah Sakit). Untuk wilayah DIY, total sasaran berjumlah 11.036 tenaga medis dan tenaga Kesehatan.

Kick Off Pelaksanaan imunisasi hepatitis di DIY dimulai tanggal 8 November 2023 dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Kabupaten Gunungkidul (RSUD Wonosari), Kabupaten Bantul (RS Paru Respira) dan di Kabupaten Sleman (RS Jiwa Grhasia).

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 966
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.024.974