Detail Berita


  • 28 Juli 2023
  • 1.215
  • Berita

Kenali Yuk ! Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE)

Pelaksanaan sistem rujukan di Indonesia telah diatur dalam Pedoman tentang sistim rujukan berdasarakan  Permenkes RI  No. 001 thn 2012 tentang Sistem Rujukan pelayanan kesehatan perorangan. Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan menjelaskan bahwa sistem rujukan merupakan suatu penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama. 

Sejak berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), implementasi sistem rujukan pelayanan kesehatan secara berjenjang berjalan dengan regionalisasi wilayah telah berjalan dengan baik. Namun demikian, sistem rujukan pelayanan kesehatan yang berjenjang ini seringkali menjadikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan pasien menjadi terhambat dan membutuhkan waktu lebih lama, peningkatan biaya kesehatan, pelayanan kesehatan yang tidak sesuai kompetensi, pasien mengumpul pada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan sehingga pada akhirnya menurunkan kepuasan pasien. Pelaksanaan sistem rujukan yang berjenjang ini juga mengalami hambatan terkait faktor geografis, jarak, transportasi, dan keterbatasan fasilitasi pelayanan kesehatan di daerah.

Hari ini Jum’at 28 Juli 2023 di Aula Dinas Kesehatan DIY, Jl. Gondosuli No.6 Yogyakarta telah dilaksanakan (Pertemuan Persiapan)  Pembinaan Penyelenggaraan SISRUTE, dihadiri oleh : siskomedika, Dinas kesehatan Kabupaten Kota dan Rumah Sakit. Kegiatan SISRUTE selanjutnya akan di laksanakan di Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul pada Bulan Agustus 2023

Tujuan dari pertemuan ini melakukan pembinaan penyelenggaraan SISRUTE kepada Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, PSC 119, dan Praktik Mandiri agar terimplementasinya Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) baik untuk rujukan vertikal maupun rujukan horisontal.

                                                                 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.701
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.709