Detail Artikel


  • 03 Mei 2016
  • 9.324
  • Artikel

Posisi Tubuh Saat Hamil

1.  Berjalan dan berdiri

Untuk anda yang aktif bergerak, anda bisa melakukan jalan yang tepat ketika masa kehamilan sebagai berikut anda bisa berjalan dengan kepala yang tegak ke depan. Usahakan anda menjaga bahu anda untuk tetap tegak, selain itu poisikan kaki anda sama rata dalam menahan beban badan anda. Hindari terlebih dahulu menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi karena akan membuat anda cepat pegal dan mengganggu kesehatan anda. Untuk anda yang sedang hamil pada usia kandungan tua, jangan sampai berdiri dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Jikapun diharuskan untuk berdiri cobalah untuk mengangkat satu kaki dengan beristirahat di bangku atau sejenisnya. Setelah beberapa menit, ganti posisi kaki anda. Saat bekerja di dapur dan mengharuskan anda berdiri, lakukan istirahat satu kaki bergantian dan ubah kaki setiap lima sampai 15 menit.

2.  Duduk

Disarankan untuk ibu hamil, posisi duduk adalah dengan punggung lurus dengan bahu yang ditarik ke belakang. Peningkatan berat badan yang anda alami akan mempengaruhi otot sehingga menyebabkan nyeri pada area tubuh tertentu sehingga menyulitkan anda mendapatkan posisi ternyaman. Dengan posisi duduk seperti ini diharapkan anda akan nyaman. Menyandarkan tubuh di kursi dan sofa menjadi alternatif anda. Sandarkan pinggul dan bahu pada kepala sofa sehingga anda dapat merasa lebih nyaman. Menyeimbangkan berat badan ketika sedang duduk dapat menjadi pilihan anda, selama kehamilan kaki akan rentan terhadap nyeri karena adanya beban dari berat badan anda. Anda bisa mengubah posisi duduk sehingga mengalami perubahan selama 30 menit dari posisi awal.

3.  Bangun dari posisi tidur

Anda mungkin akan kesulitan ketika bangkit dari posisi tidur anda.Maka anda dapat mengambil cara yang tepat dengan tubuh anda yang dimiringkan terlebih dahulu simpan satu tangan anda di bagian sisi tubuh anda. Geser tangan anda secara berlahan untuk bangkit dari posisi tidur sehingga anda bisa duduk terlebih dahulu sebelum betul -betul siap bangun. Kemudian tarik nafas untuk relaksasi.

4.  Mengambil benda yang terjatuh

Seringkali anda kesulitan untuk mengambil benda yang posisinya lebih rendah dari badan anda. Anda dapat mengambil posisi dengan usaha postur tulang punggung tegak lurus lalu sedikit demi sedikit menekuk salah satu kaki anda. Cara yang lebih aman adalah dengan berpegangan pada benda atau tempat yang kuat. Anda dapat menundukan punggung sedikit untuk menjaga keseimbangan. Cara untuk berdiri yang tepat adalah dengan satu tangan yang tertumpu pada benda yang kuat kemudian pelan-pelan berdiri tegak lurus.

5.  Mengangkat benda

Anda terlebih dahulu bisa melihat berat beban yang akan anda angkat. Tidak disarankan untuk mengangkat beban yang melebihi 5 kg dalam waktu yang lama. Apalagi melebihi berat 5 kg. Adapun jika memang anda diharuskan mengangkat beban yang berat bisa membagi beberapa bagian, cara ini lebih aman untuk anda ketika diharuskan membawa berat beban yang besar. Perhatikan pula jarak tempuh barang atau benda anda. Sehingga beban anda tidak menggangu kesehatan janin dan anda.


Sumber : http://bidanku.com/5-posisi-tubuh-membantu-anda-menjaga-kehamilan

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 110.022
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.001.891