Detail Berita


  • 29 Agustus 2024
  • 44
  • Berita

Keamanan dan Kehalalan Vaksin Dalam Imunisasi

Rotavirus merupakan penyebab paling umum diare BERAT pada anak-anak di seluruh dunia. Menurut perkiraan Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 215 ribu anak berusia di bawah 5 tahun meninggal setiap tahun pada 2013 akibat infeksi rotavirus pada 2013. Hampir semua anak yang berusia 5 tahun pernah terinfeksi rotavirus, dengan gejala yang ringan maupun berat. Padahal sebenarnya ada cara yang efektif mencegah infeksi rotavirus, yakni dengan vaksin rotavirus. Karena itulah WHO merekomendasikan penggunaan vaksin anak rotavirus dalam program imunisasi nasional di seluruh dunia, terutama Asia Selatan, Asia Tenggara, dan kawasan sub-Sahara Afrika. Rotavirus adalah virus berbentuk seperti roda yang memicu gastroenteritis ditandai diare dan muntah-muntah sehingga bisa menyebabkan seorang anak mengalami dehidrasi berat. Tanpa penanganan yang tepat, terutama bila tak pernah mendapat imunisasi anak dengan vaksin rotavirus, ada kemungkinan infeksi ini berujung fatal. Penyakit rotavirus sangat menular. Kuman rotavirus dapat bertahan lama di permukaan benda, termasuk tangan orang. Anak-anak rentan terinfeksi lantaran kerap menyentuh dan memasukkan benda secara sembarangan ke mulut. Orang tua dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi rotavirus lewat imunisasi anak.

WHO menyatakan imunisasi anak harus dibarengi dengan strategi yang komprehensif seperti mempromosikan gaya hidup bersih dan sehat (rajin mencuci tangan dan meningkatkan kualitas sanitasi di setiap rumah tangga).

Pemberian vaksinasi yang sesuai jadwal bertujuan supaya anak mendapat daya tahan tubuh yang optimal. Imunisasi sebelum jadwal berisiko mengurangi manfaat vaksin. Sedangkan bila terlambat, imunisasi anak dengan vaksin rotavirus tak perlu lagi karena belum ada riset yang membuktikan manfaat vaksinasi rotavirus yang melebihi jadwal dan dikhawatirkan timbul efek samping yang jarang seperti invaginasi.

Tapi apakah vaksin yang digunakan dalam Imunisasi, khususnya Imunisasi Rotavirus aman dan halal? Saksikan perbincangan dan pembahasannya dengan ahlinya di link Youtube Resmi Dinas Kesehatan DIY atau melalui link : https://youtu.be/q10mQCg6oUQ

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.623
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.109.811