Detail Info Kegiatan


  • 25 Januari 2017
  • 970
  • Info Kegiatan

DIY Menuju Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017

Dalam   rangkaian kegiatan Kab/Kota Sehat (KKS) di DIY pada tahun 2017 dilaksanakan kegiatan Bimtek Tim  Pembina Kab/Kota Sehat DIY. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Januari 2017 bertempat di ruang rapat A Bappeda DIY. Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini antara lain dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO (Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI), Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si (Kepala Bappeda DIY), Drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan DIY) dll. Diharapkan dengan dihadirkannya para narasumber tersebut dapat memberi arahan dan motivasi  kinerja Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat   untuk dapat bekerja lebih baik dan dapat membawa   kabupaten/kota  di DIY lebih sehat.

Berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Kesehatan Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat, maka pada tahun 2017 akan dilakukan verifikasi nasional terhadap Kab/Kota yang diusulkan oleh Provinsi untuk menerima penghargaan Kab/Kota Sehat. Pada saat verifikasi nasional Kabupaten/Kota Sehat tahun 2015   Daerah Istimewa Yogyakarta  5 kabupaten kota telah mendapatkan penghargaan tersebut. Adapun penghargaan yang sudah diterima tersebut yaitu : Kota Yogyakarta (Penghargaan Swastisaba Wistara sebanyak 5 kali), Kabupaten Gunungkidul (Penghargaan Swastisaba Wistara Sebanyak 2 Kali), Kabupaten Sleman (Penghargaan Swastisaba Wistara sebanyak 1 Kali), Kabupaten Bantul (Penghargaan Swastisaba Wistara sebanyak 1 kali), sedangkan Kabupaten Kulonprogo baru mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa. Pada verifikasi nasional pada tahun ini diharapkan kabupaten kota yang sudah mendapatkan Swastisaba Wistara dapat mempertahankan dan Kabupaten Kulonprogo dapat meningkat menjadi Swastisaba Wiwerda. Perlu diketahui bahwa dalam pemberian penghargaan bagi kabupaten/kota yang melaksanakan kegiatan KKS ada tiga tingkatan dari terendah ke paling tinggi yaitu Swastisaba Padapa, Swastisaba Wiwerda dan Swastisaba Wistara.

Seleksi dan penilaian dokumen adminsitrasi dilakukan oleh Tim Pembina Provinsi sebelum diajukan ke Tim Pembina Pusat. Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun ini juga akan melakukan verifikasi dokumen dan lapangan sebagai wujud pembinaan penyelenggaraan Kab/Kota Sehat di DIY sebagai kelanjutan pembinaan tahun 2016 lalu agar terwujud kabupaten/Kota yang sehat di semua wilayah DIY.

Dalam rangka pembinaan verifikasi nasional Kabuten/Kota Sehat, maka Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat DIY akan melakukan verifikasi propinsi Kab/Kota Sehat sebagai tahap awal untuk mengikuti verifikasi nasional yang akan diselenggarakan oleh Sekretariat Nasional Kab/Kota Sehat pada tahun 2017 ini. Verifikasi provinsi diawalin dengan penetapan jumlah tatanan/kawasan dan lokasi unggulan yang akan diverifikasi tahun 2017, bedah dokumen Kab/Kota Sehat, pengiriman verifikasi dokumen kab/kota sehat, dan kunjungan ke kabupaten kota. Diharapkan pada awal tahun ini, DIY sudah menyiapkan semua dokumen verifikasi Kab/Kota Sehat yang telah sesuai dengan outline penyusunan dokumen Kab/kota sehat   serta penetapan tatanan dan lokasi unggulan yang akan diajukan pada Verifikasi Nasional Kab/Kota Sehat tahun 2017.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 437
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.130.185