Detail Berita


  • 28 Mei 2016
  • 4.651
  • Berita

FUNGSI DAN PERAN HUMAS KESEHATAN, AKAN DITARUH DIMANA?

Peran humas semakin penting dan strategis pada era sekarang ini, apalagi humas pada institusi pemerintah. Humas menjadi pintu utama untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, sehingga perlu kemampuan dan keahlian bagi para petugas humas ini.
Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes menyelenggarakan Workshop Kebijakan Peran Humas Pemerintah Dalam Pembangunan Kesehatan. Workshop yang berlangsung selama 3 hari ini berlangsung di Hotel Grand Zuri Yogyakarta dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten, salah satunya adalah Juru Bicara Presiden Johan Budi yang sudah banyak dikenal masyarakat sebagai ahli komunikasi yang kompeten.
Pada workshop yang dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Drg Oscar Primadi, MPH, tersebut diikuti sekitar 100 orang terdiri para petugas fungsi humas pada instansi kesehatan seperti Dinas Kesehatan Provinsi, Rumah Sakit Vertikal, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan instansi kesehatan lainnya. Oscar Primadi menyampaikan bahwa workshop tersebut dipandang penting karena untuk meningkatkan kemampuan para petugas humas salah satunya dengan peningkatan kemampuan dengan berbagaai cara termasuk dengan workshop ini. Seiring dengan peningkatan kemajuan teknologi informasi akan muncul stigma bahwa informasi tidak lagi menjadi milik pemerintah tetapi juga masyarakat. Peran pemerintah lebih kepada sebagai regulator. Hal yang dirasa penting juga menurut Oscar Primadi, bahwa humas pada instansi pemerintah harus bisa dan mampu menyampaikan informasi kepada media baik cetak maupun elektronik.
Selain sambutan Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, juga ada sambutan selamat datang dari Plt. Kepala Dinas Kesehatan DIY, Sulistyo, yang sedikit mengulas tentang peran dan fungsi humas pada institusi pemerintah khususnya di DIY. Bahwa secara struktural pada Dinas Kesehatan di daerah kurang terakomodasi karena tidak ada pada struktur yang jelas. Sebagian besar fungsi humas berada pada sekretariat ataupun promosi kesehatan. (ug)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 687
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.620.622