Detail Artikel


  • 20 September 2024
  • 93
  • Artikel

HIDUP SEHAT TANPA OBAT

Kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, namun sayangnya masih banyak orang yang belum menyadari. Seseorang dapat dikatakan sehat apabila ia mencapai kesehatan jasmani maupun rohani. Menjalani hidup sehat saat ini memang menjadi suatu hal yang mahal dan sulit didapatkan. Pasalnya semakin majunya zaman, tingkat polusi dan pencemaran semakin tinggi sehingga membuat kita bisa dengan mudah terkena penyakit yang sulit diatasi, baik oleh kekebalan tubuh maupun dengan menggunakan obat-obatan dan seiring perkembangan zaman teknologi saat ini juga semakin memudahkan kita dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, bahkan penggunaan gawai dan internet di Indonesia meningkat dan berdampak pada perubahan kehidupan sosial di masyarakat.

Pola hidup sehat merupakan suatu gaya hidup yang bebas dari semua masalah rohani (mental) ataupun masalah jasmani (fisik). Hidup sehat dapat diartikan sebagai seseorang yang hidup sehat secara fisik dan psikis tanpa ada masalah kesehatan sedikitpun. Seakan sudah menjadi tren di zaman sekarang, hidup sehat menjadi sebuah hal penting yang harus dilakukan. Sebab  dengan menjaga pola hidup sehat seseorang dapat terhindar dari segala macam penyakit dari virus. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan gaya hidup yang kita jalani mulai dari makanan, minuman, nutrisi hingga rutinitas berolahraga.

Penerapan pola hidup sehat selalu berhubungan dengan faktor makanan. Maka dari itu, penting untuk kita menjahui pola makan tidak sehat yang bisa menyebabkan tubuh menjadi terkena penyakit. Pastikan makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang sehat dan higienis. Selain aspek makanan sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat bugar juga penting. Salah satu untuk menerapkannya yaitu dengan berolahraga secara teratur.

WHO menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 3 kali dalam seminggu dengan durasi 50 menit. Olahraga dapat dilakukan di luar ruangan seperti di rumah maupun di lapangan tanpa menggunakan alat. Contoh olahraga ringan yang dapat kita lakukan secara rutin yaitu SKJ (Senam Kebugaran Jasmani). SKJ merupakan salah satu cabang olahraga senam yang dilakukan menggunakan iringan musik dengan durasi dan gerakan tertentu. Selain SKJ olahraga ringan lainnya yang dapat dilakukan yaitu ; jogging, bersepeda dan berenang.

Olahraga rutin dapat memberikan manfaat untuk kesehatan seperti menjaga berat badan, meningkatkan stamina, dan kebugaran tubuh. Serta dapat mencegah penyakit termasuk penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes. Oleh karena itu sehat dengan olahraga menjadi solusi terbaik agar terhindar dari penyakit.

Mari kita sama-sama membiasakan diri untuk melakukan pola hidup sehat dimulai dari sekarang. “Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati” “Kesehatan Bukan Dari Obat Tapi Dari Gaya Hidup Sehat”

 

Sumber :

Kementrian Kesehatan RI. Hidup Sehat. (2018)

Kementrian Kesehatan RI. Tips Hidup Sehat Bagi Gen Z. (2024)

 

Oleh : FANI DWI JAYANTI

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.439
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 27.464.300