Detail Berita


  • 05 September 2024
  • 104
  • Berita

HEOC EMT DIY: Siap Tangguh Menghadapi Ancaman Bencana

Yogyakarta, 5 September 2024 – Mengingat potensi bencana gempa bumi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang cukup tinggi, Dinas Kesehatan DIY telah mengambil langkah proaktif untuk melindungi masyarakat. Untuk memastikan kesiapsiagaan yang optimal, Dinas Kesehatan DIY telah menyelenggarakan pelatihan bagi Tim Manajemen Krisis Kesehatan dan Tenaga Cadangan Kesehatan (TCK) - Emergency Medical Team (EMT) selama tiga hari, dari tanggal 24 hingga 26 Juli 2024 di Griya Persada Convention Hotel & Resort, Pakem, Sleman.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, dengan tujuan utama mengurangi angka kesakitan dan kematian serta mencegah kecacatan pada korban. TCK-EMT, yang terdiri dari para profesional kesehatan terlatih, menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan medis dan manajerial kepada masyarakat yang terdampak bencana. Tim ini dirancang untuk segera merespons kebutuhan layanan kesehatan di wilayah terdekat, memastikan bantuan cepat dan efektif.

Peserta pelatihan tidak hanya berasal dari Klaster Kesehatan Provinsi, tetapi juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Tim EMT Provinsi, PSC 119, dan Palang Merah Indonesia (PMI). Selama kegiatan, peserta mengikuti Simulasi Lapangan (Field Training Exercise/FTX) dan Simulasi Komando (Command Post Exercise/CPX) yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Tim Manajemen Krisis Kesehatan dan TCK EMT DIY. Dalam skenario latihan, peserta memainkan peran sesuai kompetensi mereka. Tim Manajemen Krisis bertugas melakukan koordinasi dan komando, sementara EMT melaksanakan perintah dari HEOC. Semua skenario latihan mengacu pada Rencana Kontinjensi DIY, yaitu Pergub DIY No. 140 Tahun 2021 tentang Renkon Gempa Bumi DIY.

Adanya pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kesiapsiagaan DIY dalam menghadapi bencana. Video pelaksanaan kegiatan Gladi Aktivasi HEOC DIY dapat diakses melalui link berikut: https://youtu.be/7ERDiYU5HtM

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.514
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.109.702