Detail Artikel


  • 02 Oktober 2023
  • 882
  • Artikel

Hari Jantung Sedunia 29 September

Tanggal 29 September, setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Tahun ini, WHD diperingati dengan promosi pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung.

Penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi sehingga seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam mencegah tingginya angka kesakitan dan kematian. Penyakit jantung masih menjadi berita buruk karena merupakan pembunuh nomor satu. Namun, berita baiknya, penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah. Seluruh masyarakat perlu bergerak bersama.

Namun, berita baiknya, penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah.

Adapun beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk mencegah penyakit jantung adalah pola makan sehat, kontrol stres, hindari merokok, batasi konsumsi alkohol hingga kebiasaan olahraga.

Modifikasi gaya hidup yang lebih sehat dapat menjadi salah satu bentuk pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini harus diperhatikan terlebih penyakit jantung bisa dialami oleh semua kalangan baik dari muda hingga tua. Masyarakat dianjurkan untuk meningkatkan aktivitas fisik, seperti banyak bergerak dan olahraga.

Selain itu, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung adalah dengan melakukan pemeriksaan mandiri dengan MENARI (Meraba Nadi Sendiri). MENARI adalah sebuah gerakan self-assessment yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengetahui adanya kelainan irama jantung dan bisa dilakukan di mana saja.

Seperti Kementerian Kesehatan dengan profesional kesehatan yang telah membentuk komite nasional untuk membuat program pencegahan penyakit jantung jangka panjang agar bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian. Menyambut WHD ini, upaya edukasi ditargetkan untuk membuat masyarakat paham penyakit jantung sampai tahu bagaimana menangani korban agar cepat ditolong.

 

Sejarah Hari Jantung Sedunia

Melansir dari situa Resmi Pan American Health Organization. PeringatanbHari Jantung Sedunia yang diadakan pada tanggal 29 September yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit jantungpenyakit kardiovaskular , termasuk pencegahan dan dampak globalnya.

Pada tahun 1999Federasi Jantung Dunia (WHF), bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengumumkan penetapan Hari Jantung Sedunia.

Ide untuk acara tahunan ini dicetuskan oleh Antoni Bayés de Luna, presiden WHF dari tahun 1997–99.

Hari Jantung Sedunia awalnya (hingga 2011) diperingati pada hari Minggu terakhir bulan September, dengan perayaan pertama berlangsung pada tanggal 24 September 2000


Tema Hari Jantung Sedunia tahun ini

Pada tahun ini, Tema Hari Jantung Sedunia adalah 'Use Heart, Know Heart'. Momen ini bertujuan menjadi pengingat bagi semua orang di seluruh dunia untuk menjaga jantung mereka. Kampanye ini berfokus pada langkah penting untuk mengetahui jantung kita terlebih dahulu.

Di dunia, pengetahuan tentang kesehatan jantung masih terbatas. World Heart Federation (WHF) bertujuan untuk mendobrak hambatan dan memberdayakan individu untuk mengendalikan kesejahteraan mereka. Karena dengan mengetahui lebih banyak tentang kesehatan jantung, seseorang bisa lebih mungkin untuk menjaganya.

Sejak Hari Jantung Sedunia yang pertama, WHF, yang merupakan sebuah organisasi non-pemerintah , terus mensponsori acara tahunan tersebut, mengumpulkan dan mendistribusikan informasi serta mendeklarasikan tema hari tersebut.

Program pendidikan yang dirancang untuk melibatkan masyarakat merupakan bagian utama dari Hari Jantung Sedunia.

Informasi mengenai penyakit kardiovaskular dan cara pencegahannya dikomunikasikan melalui public talk, podcast, poster, dan leaflet.

Referensi :

  1. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6948938/hari-jantung-sedunia-2023-ketahui-tema-dan-sejarahnya
  2. https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-327058162/hari-jantung-sedunia-2023-yuk-simak-sejarah-tema-hingga-cara-merayakannya
  3. https://dinkes.depok.go.id/User/DetailArtikel/hari-jantung-sedunia-29-september
  4. https://dinkes.ntbprov.go.id/artikel/hari-jantung-sedunia-use-heart-for-every-heart/

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.477
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.485