Detail Artikel


  • 27 Juni 2023
  • 598
  • Artikel

Hari Buah se Dunia

Hai, Sohib Sehat !

Setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah Sedunia untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat nutrisi dan kesehatan serta mengurangi kerugian dan pemborosan dalam sistem pangan.

Hari Buah Sedunia, selain mengingatkan pentingnya buah untuk kesehatan kita, juga untuk meningkatkan kesadaran orang-orang untuk berbagi buah kepada teman dan kerabat.

Buah sangat penting untuk kesehatan kita.  Buah itu kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalam tubuh. Asupan vitamin dan mineral dari buah yang dikonsumsi akan membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Seperti vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk, bisa membentuk kolagen, sistem imun dan penyerapan zat besi.  Sedangkan Antioksidan dari buah yang dikonsumsi, akan membantu menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan kondisi kesehatan. Sedangkan serat, bisa membantu memperlancar pencernaan dan memelihara kesehatan usus.

Pada masa pandemi Covid 19,  untuk mencegah kita terserang penyakit yang disebabkan dengan virus Covid-19 ini maka salah satunya kita menjaga imunitas kita atau daya tahan tubuh kita. Daya tahan tubuh yang baik merupakan hal penting pada masa pandemi COVID-19. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh imunitas ini, cara termudah untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur.

“Di masa pandemi ini asupan buah dan sayur harus diperbanyak karena mengandung vitamin C dan E yang dapat meningkatkan imunitas kita”.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, konsumsi buah dan sayur yang harus dimakan adalah 300-400 g/orang/hari untuk remaja dan 400-600 g/orang/hari untuk dewasa.  Makan Buah juga termasuk ke dalam program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). 

Selain itu mengingatkan saat makan perlu menerapkan konsep gizi seimbang. Di mana dalam satu piring terdapat makanan pokok, lauk, buah dan sayur.

Pentingnya mengonsumsi buah juga sudah menargetkan global di seluruh negeri. Pemerintah Indonesia membuktikan pentingnya memasukkan buah dengan menyiapkan program unggulan, yaitu gemar makan buah n sayur dalam GERMAS

Dengan iklim tropis, tanah Indonesia menyediakan berbagai jenis buah yang lezat dan nikmat. Tidak harus buah impor, buah lokal pun tidak kalah, misalnya pisang, salak, semangka, n pepaya. 

Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Mengucapkan ”Selamat Hari Buah Sedunia”, Mari masukan buah ke dalam menu setiap hari.

Yuk mulai meningkat kan pola Hidup Bersih dan Sehat melalui GERMAS.

 

Referensi :

  1. https://rsud.nganjukkab.go.id/2750-2/
  2. https://dinkes.ntbprov.go.id/berita/datin/hari-buah-sedunia-fruitful-peace/
  3. https://dinkes.babelprov.go.id/content/hari-buah-sedunia-2022
  4. https://rsudhusadaprima.jatimprov.go.id/index.php/konten/berita_detail/hari-buah-sedunia

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 636
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.813.172