Detail Artikel


  • 20 Maret 2019
  • 2.112
  • Artikel

GAYA HIDUP SEHAT UNTUK ANAK

Untuk tumbuh kembang anak dibutuhkan makanan dan minuman dengan kandungan gizi. Nah gaya hidup yang sehat juga sangat diperlukan oleh anak-anak dan perlu dimulai sedari dini loh.

Namun perlu diakui, membiasakan anak agar hidup sehat bukanlah tugas yang mudah. Di sinilah tantangan bagi para orangtua. Selain itu anak juga belum bisa memilih secara mandiri makanan dan aktivitas seperti apa yang baik untuk kesehatannya.

Berikut beberapa perilaku sehari-hari yang perlu diterapkan demi upaya menjaga kesehatan anak, diantaranya adalah:

1.    Melakukan aktivitas fisik

diperlukan minimal 3 hari sekali untuk anak melakukan aktivitas fisik untuk perkembangan otot dan tulang anak

2.    Jadikan minum air putih sebagai hobi

mengenalkan air putih sebagai pilihan minuman setiap harinya bagi anak merupakan hal yang dianjurkan untuk orangtua

3.    Ajari untuk mencintai buah dan sayur

mengajak anak untuk menyukaisayura memang tidaklah mudah bagi sebagian orangtua, akan tetapi membiasakan dengan memberikan variasi warna dan jenis sayuran bisa menjadi pilihan yang baik demi kesehatan tumbuh kembang anak

4.    Cemilan diganti dengan yang sehat

dalam masa pertumbuhan anak diperlukan asupan makann yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Lebih baik bila membuat sendiri camilannya, sehingga asupan gizi maupun kebersihannya lebih terjamin. Dan jangan lupa berikan pengertian yang tepat mengenai alasan tak boleh jajan sembarangan.

5.    Matikan gadget dan tv

berikan jadwal atau atur lama waktu anak menggunakan gadget, akan tetapi diperlukan kerjasama seluruh anggota keluarga baik untuk memberikan contoh atau membuatnya melakukan hal lain.

6.    Menjaga Kebersihan diri sendiri

Ajak ia untuk mencuci tangan pada waktu-waktu tertentu, seperti saat sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, saat baru pulang dari bepergian, dan saat hendak tidur. Selain itu ajarkan untuk menggosok gigi setelah dan sebelum tidur, mandi teratur, dan juga membiasakan membereskan mainan setelah digunakan. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.333
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.337.443