Detail Info Kegiatan


  • 11 Oktober 2024
  • 39
  • Info Kegiatan

DINKES PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA GELAR OJT SISMAL VERSI 3

Dinas Kesehatan Provinsi DIY menggelar kegiatan on the job training (OJT) Sistem informasi surveilans malaria versi 3 (SISMAL V.3) yang bertempat di Eastparc Hotel, Jalan Laksda Adisucipto KM. 6.5 No.1. Acara ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 1-4 Oktober 2024.

Peserta yang hadir dalam OJT SISMAL V.3 ini merupakan pengelola program malaria mulai dari puskesmas, rumah sakit, dan Dinas Kesehatan perwakilan dari 5 Kabupaten/Kota yang memiliki tingkat pelaporan terkait malaria paling baik di Provinsi DIY. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DIY, Ibu Setiyo Harini, S.K.M., M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Malaria masih menjadi masalah kesehatan yang perlu diberi perhatian lebih lanjut. Pemaparan terkait kasus malaria di Provinsi DIY juga disampaikan oleh Kepala Seksi Pengendalian Penyakit, dr. Ari Kurniawati, M.P.H. Beliau berharap dengan adanya OJT ini seluruh kabupaten/kota Provinsi DIY lebih maksimal dalam melakukan pelaporan terkait kasus malaria serta dalam upaya pencegahan dan pengendaliannya.

Dalam OJT ini juga menghadirkan narasumber dari anggota tim kerja malaria Kementerian Kesehatan, yaitu Ibu Riskha Tiara Puspadewi, SKM. Beliau menyampaikan materi terkait fitur-fitur dan cara pengisian pada SISMAL versi 3 ini. Peserta OJT juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi secara langsung menggunakan SISMAL v.3. Dalam sesi ini, narasumber dan para peserta OJT juga banyak melakukan diskusi dan tanya jawab seputar permasalahan yang sering terjadi di lapangan dalam hal pelaporan kasus malaria sehigga ditemukan penyelesaian untuk permasalahan tersebut.

Selain materi, peserta OJT juga melakukan praktik pengisian di SISMAL versi 3. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan kabupaten/kota masing-masing untuk melakukan diskusi dan analisis terkait laporan pada SISMAL sesuai dengan kasus yang telah dibagikan. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama terkait ketepatan dan kendala yang dihadapi masing-masing kabupaten/kota. Dalam sesi ini, peserta juga berhasil menemukan beberapa temuan pada SISMAL v.3 yang menjadi catatan untuk perbaikan pada SISMAL v.3 ini.

Selain memberikan pengetahuan teknis terkait SISMAL v.3, OJT ini juga bertujuan untuk mendukung agenda nasional dalam rangka eliminasi malaria. Diharapkan, dengan pembekalan yang diberikan selama pelatihan, para peserta dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas mereka di lapangan sehingga dapat menjadi langkah awal yang kuat untuk pengendalian malaria yang lebih efektif di Provinsi DIY, sejalan dengan upaya menuju Indonesia bebas malaria.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.209
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 27.461.070