Detail Artikel


  • 06 April 2017
  • 10.722
  • Artikel

Daun Insulin Gempur Diabetes

Daun Insulin Gempur Diabetes

Tanaman daun insulin sering disebut juga tanaman yakon. Sedangkan nama ilmiahnya, yakni Smallanthus sonchifolia. Ciri-ciri tanaman ini antara lain berdaun hijau tua, bunganya berwarna kuning berbentuk seperti bunga aster.

Selain itu tanaman daun insulin masih sekerabat dengan bunga matahari dan berasal dari Pengunungan Andes di Peru lalu menyebar ke sejumlah belahan dunia termasuk Indonesia. Terutama bagian daunnya banyak digunakan untuk membantu  menggempur diabetes. Cara membuat ramuannya yakni cukup dengan merebus lima lembar daun insulin segar dengan air bersih dua gelas. Ketika air tinggal tersisa separohnya segera diangkat. Air tersebut diminum dua kali sehari, masing-masing satu setengah gelas. Jika kadar gula darah sudah normal, mengonsumsi ramuan daun insulin dihentikan.

Cara lain memanfaatkan daun yakon, yakni dengan menjemur lima daun yakon secara terbalik. Setelah kering, digerus sampai menghasilkan 15 gram wujud serbuk. Hasilnya dilarutkan dalam 600 ml air mendidih. Air berwarna hijau tersebut diminum tiga kali sehari, pagi, siang dan malam hari.

Bahkan bagian umbi tanaman yakon mempunyai rasa manis serta dapat dimakan mentah, dikukus atau juga digoreng. Umbi yakon juga dapat dibuat jus dan dibuat konsentrat menjadi sirup dan pemanis. Untuk meningkatkan rasa manis pada umbi, sebelum dikonsumsi sebaiknya umbi dijemur dibawah sinar matahari sampai kulitnya berkerut. Lalu dikupas kulitnya, maka daging umbi dapat  dimakan langsung atau diolah.

Umbi yakon ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan orang-orang yang diet karena umbi yakon mengandung insulin, yaitu sejenis gula yang tak dapat dicerna, sehingga walaupun rasanya manis tetapi kandungan kalorinya rendah.

Adapun cara perbanyakan tanaman ini cukup mudah, yaitu dengan setek batang. Perawatannya pun cukup mudah, seperti rutin disiram pagi dan sore hari ketika tak ada air hujan. Yakon dapat tumbuh subur apabila jika tanah untuk menanamnya kaya unsur hara.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 803
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 3.671.296