Detail Info Kegiatan


  • 16 November 2017
  • 1.644
  • Info Kegiatan

Seberapa Jauh Realisasi Dana DAK di Lapangan?

Salah satu sumber dana yang bisa dimanfaatkan  sebuah daerah untuk pembangunan adalah sumber dari Dana Alokasi Khusus atau DAK. Secara definisi, DAK merupakan alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK termasuk Dana Perimbangan, di samping Dana Alokasi Umum (DAU).

Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan daerah setingkat provinsi, yang memiliki 4 wilayah kabupaten dan satu kota. Pada tahun 2017, seluruh wilayah di DIY, baik daerah Kabupaten, Kota, dan daerah setingkat provinsi itu sendiri, mendapatkan dana anggaran DAK bidang kesehatan. Secara umum, anggaran DAK bidang kesehatan di DIY tahun 2017 merupakan DAK regular, yang terdiri atas DAK Dasar, Rujukan, dan Farmasi, namun ada juga DAK Penugasan yang pada tahun 2017 diterima oleh Kota Yogyakarta untuk RSUD Kota Yogyakarta.

Peran provinsi dalam Perencaan dan Evaluasi DAK, selain melaksanaan Perencanaan dan Evaluasi penggunaan DAK di lingkungan daerah setingkat provinsi, juga memfasilitasi perencaan dan evaluasi daerah kabupaten/kota. Untuk evaluasi khususnya, provinsi memiliki peran untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan DAK oleh kabupaten/kota, dan sebagai verifikator laporan DAK yang disampaikan ke pusat.

Sabagai salah satu rangkaian evaluasi DAK 2017 kabupaten/kota, pada bulan November ini, Subbag Program Dinas Kesehatan DIY melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan DAK 2017. Kegiatan ini bersifat lapangan, yaitu berkunjunag ke lapangan, dalam hal ini kabupaten dan kota, untuk melihat langsung progress realisasi dan melihat permasalahan di lapangan yang dihadapi.

Dengan monitoring dan evaluasi ke lapangan ini, diharapkan dapat mengetahui progress pelaksanaan DAK secara lebih riil dan detail, serta mengetahui permasalahan teknis yang dihadapi dalam pelaksanaan DAK bidang Kesehatan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 27.823
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.031.584