Detail Info Kegiatan


  • 05 April 2024
  • 103
  • Info Kegiatan

Bimtek Tim Pembina KKS DIY

Pada tanggal 27 Maret 2024 di Bappeda DIY Gedung Radyo Suyoso  Komplek Kepatihan  DIY telah dilaksanakan  Kegiatan Bimtek TPP KKS DIY.  Kegiatan ini mendatangkan narasumber  Ibu Ely Setyowati, SKM, MKes selaku Katimker Penyehatan Udara, Tanah dan Kawasan (PUTK) Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan  RI.

Tujuan kegiatan Bimtek Kabupaten Kota Sehat ini yaitu:

  • Meningkatnya kapasitas Tim Pembina KKS DIY dan Kabupaten Kota serta Forum KKS Kabupaten Kota
  • Evaluasi Pelaksanaan Kab/Kota Sehat 2023
  • Terkoordinasinya persiapan verifikasi KKS tahun 2025

Kabupaten Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. DIY telah melaksankan kegiatan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) sejak tahun 2007. Program ini mencoba mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat Kabupaten  dan Kota (dengan peran aktif masyarakat) sehingga dapat sinkron dan menjelma menjadi daya ungkit besar terhadap kriteria sehat pada segala sektor dan bidang. Sebagai pedoman penyelenggaraan KKS adalah Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat. Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “FORUM” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada. Forum tersebut disebut “FORUM KABUPATEN/KOTA SEHAT” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa. Penyelenggaraan Kab./kota sehat lebih mengutamakan proses dari pada target, berjalan terus-menerus dimulai dengan kegiatan prioritas dalam suatu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat dan semua stakeholder yang mendukung. Salah satu kegiatan prestise dari KKS yaitu pemberian penghargaan Swastisaba bagi Kabupaten/Kota melalui tahapan penilaian dan verifikasi oleh TIM Pusat.

Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Kesehatan RI kepada kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan program KKS. Sejak awal diadakannya pemberian penghargaan Swasti Saba, 4 kabupaten/kota di DIY telah mendapatkan peringkat Swasti Saba Wistara, hanya Kabupaten Kulon Progo yang baru sampai pada Swasti Saba Wiwerda. Tahun 2023 merupakan tahun penyelenggaraan verifikasi nasional yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Capaian penghargaan tahun ini 5 Kab/Kota di DIY berhasil yang mendapatkan Penghargaan Swasti SSaba.

Adanya perubahan indikator dan tatanan KKS pada tahun 2023 dirasa perlu dilakukan kembali  Bimbingan Teknis terhadap TP KKS DIY dan Forum. Hal tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait indikator-indikator penilaian dalam tatanan-tatanan KKS. Diharapakan hal tersebut dapat mendorong dukungan lintas sektor maupun program yang terlibat dalam kegiatan Kabupaten Kota Sehat di DIY. Penyiapan untuk penilaan Swasti Saba tahun 2025 perlu dipersiakan tahun ini. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.081
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.089