Detail Info Kegiatan


  • 31 Mei 2024
  • 202
  • Info Kegiatan

Bimtek dan Evaluasi Tim Pembina KKS DIY di kabupaten Gunung Kidul

Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Penyelenggaraan kegiatan KKS berpedoman pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat.  Dalam penyelenggaraan KKS dibentuk Tim Pembina KKS (TP KKS)  secara  berjenjang dari tingkat DIY sampai tingkat kabupaten.  Tim Pembina KKS DIY tertuang dalam SK Gubernur Nomor:  27/TIM/2023 tentang Pembentukan Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu peran dari Tim Pembina KKS DIY yaitu melakukan pembinaan dan evaluasi penyelanggaraan KKS di Kabupaten/Kota. Kegiatan KKS tahun 2024 ini bertujuan melakukan evaluasi penyelenggaraan KKS tahun 2023 dan pembinaan untuk penyusunan dokumen usulan penghargaan KKS Swastisaba tahun 2025. Pada tanggal 30 Mei 2024 TP KKS DIY melakukan evaluasi kegiatan KKS di Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan rumah dinas Bupati Gunung Kidul. Kegiatan ini di hadiri oleh Ibu Bupati Gunungkidul selaku ketua Tim Pembina KKS Kabupaten Gunungkidul, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DIY, Ditlantas DIY, Bapedda DIY, Dinas Sosial DIY dan Dinas Pendidikan Dan Olahraga DIY.  Perwakilan pejabat eselon OPD di kabupaten Gunungkidul dan ketua forum KKS Gunung Kidul juga turut hadir dalam pertemuan ini.

Salah salah satu hal penting dari pertemuan ini yaitu komitmen dari ketua TP KKS Gunung Kidul   untuk  mendorong Forum KKS Gunung Kidul dan segenap lintas sektor terkait untuk meningkatkan   penyelenggaraan KKS. Sehingga dalam penilaian Swastisaba Tahun 2025 Kabupaten Gunung Kidul bisa meraih penghargaan Swastisaba Wistara. Sedangkan pesan dari Ibu Kepala Dinas Kesehatan DIY, bahwa penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehatan bukan semata-mata mengejar sebuah sertifikat penghargaan. Kegiatan KKS sebagai sebuah upaya untuk medorong semua elemen di Kabupaten Gunung Kidul secara bersama-sama untuk menciptakan suatu kondisi kabupaten yang sehat baik dari segi kualitas maupun kuantitas sehingga derajat kesehatan masyarakat Gunung Kidul meningkat. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 5.953
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.709.330