Detail Artikel


  • 26 Juli 2023
  • 517
  • Artikel

Bersatu Melawan Penyakit Hepatitis (Hari Hepatitis Sedunia)

Setiap tahunnya, pada tanggal 28 Juli, dunia memperingati Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyakit hepatitis, serta mendorong tindakan pencegahan dan pengobatan. Acara ini menyatukan upaya dari pemerintah, lembaga kesehatan, organisasi non-pemerintah, tenaga medis, dan masyarakat umum untuk melawan penyakit ini yang menjadi ancaman kesehatan global.

Apa itu Hepatitis?

Hepatitis adalah istilah medis untuk menyebut peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh virus, alkohol, atau zat-zat toksik lainnya. Jenis hepatitis yang paling umum adalah hepatitis A, B, C, D, dan E. Meskipun ada perbedaan dalam penyebab dan penularannya, semua jenis hepatitis dapat menyebabkan kerusakan hati, bahkan mengancam jiwa jika tidak diatasi dengan tepat.

Tujuan Pencanangan Hari Hepatitis Sedunia

Hari Hepatitis Sedunia memiliki beberapa tujuan penting (1) Kesadaran dan Pendidikan: Hari ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat tentang risiko hepatitis, cara penularannya, gejala yang mungkin terjadi, dan pentingnya tes dan pencegahan. (2) Pencegahan : Salah satu fokus utama peringatan ini adalah mendorong upaya pencegahan hepatitis. Edukasi tentang kebersihan dan pentingnya vaksinasi, terutama untuk hepatitis A dan B, menjadi sorotan utama. (3) Tes dan Pengobatan : Hari Hepatitis Sedunia berusaha untuk meningkatkan akses ke tes hepatitis dan pengobatan yang tepat. Sebab, banyak orang yang mengidap hepatitis tanpa menyadarinya karena gejalanya sering tidak terlihat pada tahap awal. (4) Mengurangi Stigma : Acara ini juga bertujuan untuk mengurangi stigma yang terkait dengan hepatitis. Stigma dapat menyulitkan akses ke perawatan dan dukungan yang dibutuhkan bagi mereka yang hidup dengan hepatitis.

Mengapa Hari Hepatitis Sedunia Penting?

Hepatitis merupakan masalah kesehatan global yang serius. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 290 juta orang di seluruh dunia hidup dengan hepatitis B dan C. Setiap tahunnya, penyakit ini menyebabkan sekitar 1,4 juta kematian, lebih banyak dari jumlah kematian yang diakibatkan oleh HIV/AIDS atau malaria.

Meskipun adanya vaksin dan pengobatan yang efektif untuk beberapa jenis hepatitis, akses ke pelayanan kesehatan sering kali terbatas, terutama di negara-negara dengan ekonomi rendah dan menengah. Oleh karena itu, Hari Hepatitis Sedunia menjadi momen yang tepat untuk memperkuat kesadaran dan tindakan bersama guna mengatasi tantangan ini.

Apa yang Perlu Kita Lakukan?

Kita semua memiliki peran penting dalam menghadapi masalah hepatitis. Sebagai individu, kita dapat berperan sebagai pembawa pesan kesadaran. Bagikan informasi tentang hepatitis dan cara pencegahannya kepada keluarga, teman, dan masyarakat di sekitar. Pastikan bahwa kita dan orang-orang terdekat telah divaksinasi terhadap hepatitis A dan B jika memenuhi kriteria vaksinasi yang dianjurkan. Jika ada gejala yang mencurigakan atau memiliki faktor risiko tertentu, lakukan tes hepatitis secara teratur untuk mendeteksi kemungkinan infeksi sedini mungkin. Berikan dukungan dan pengertian kepada mereka yang hidup dengan hepatitis untuk mengurangi stigma dan membantu mereka mendapatkan akses ke perawatan yang tepat. Mendukung kebijakan kesehatan yang bertujuan meningkatkan akses ke perawatan hepatitis, vaksinasi, dan pengobatan yang terjangkau bagi semua orang.

Dengan bersatu dan mengambil tindakan kolektif, kita dapat memerangi hepatitis, mencegah penyakit yang mematikan ini menyebar lebih luas, dan memberikan harapan bagi jutaan orang di seluruh dunia yang hidup dengan penyakit ini. Peringatan Hari Hepatitis Sedunia adalah langkah awal yang penting menuju dunia yang bebas hepatitis.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.359
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.864.872