Detail Artikel


  • 14 Maret 2024
  • 183
  • Artikel

Alpukat, Buah Lezat Kaya Manfaat

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Alpukat (Persea americana) telah secara luas digunakan karena memiliki berbagai efek farmakologis salah satunya memiliki efek antihiperlipidemia. Buah ini memiliki komponen aktif yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah seperti pantethin, niacin (vitamin B3), vitamin C, vitamin E, vitamin A, pantogenic acid, Monosaturated Fatty Acid (MUFA), dan selenium.

Alpukat berasal dari kawasan subtropikal Amerika dan merupakan anggota dari laurel family. Buah ini adalah salah satu tumbuhan yang memiliki bahan aktif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Alpukat mengandung antioksidan tersebut dapat menurunkan kadar kolestrol dalam serum darah dan memiliki efek anti inflamasi.

Alpukat sangat direkomendasikan oleh American Heart Association dalam panduan pola hidup untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Buah ini disebut juga buah yang bebas kolestrol karena banyak mengandung MUFA. MUFA dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida serta meningkatkan HDL. Selain itu alpukat juga mengandung banyak beta sitosteol yang sangat dikenal dengan perannya sebagai agen antikolesterol. MUFA juga dapat menggantikan asam lemak jenuh dan berperan sebagai mikronutrien yang memiliki manfaat cardioprotective. Selain MUFA, alpukat juga mengandung beta sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol melalui mekanisme menghambat absorbsi kolesterol dan meningkatkan ekskresinya pada darah. Vitamin C berperan dalam reaksi hidroksilasi pada pembentukan asam empedu sehingga meningkatkan eksresi kolesterol.

Dalam sebuah penelitian disampaikan bahwa tidak hanya buahnya, berdasarkan beberapa studi pada tikus, bahkan telah membuktikan bahwa ekstrak daun alpukat dan bijinya memiliki efek antihiperlipidemia. Konsumsi ekstrak daun alpukat dengan dosis 20 mg/kgBB dan 40 mg/kgBB memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan total kolestrol, LDL dan meningkatkan HDL pada tikus. Sementara konsumsi ekstrak biji alpukat dengan dosis 125 mg/kgBB, 250 mg/kgBB dan 500 mg/kgBB memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol pada tikus.

Berikut beberapa manfaat lain dari alpukat, selain menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

1. Sumber Nutrisi yang Kaya
Alpukat kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin K, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), folat, magnesium, kalium, dan banyak lagi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat, terutama asam lemak oleat, telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

3. Mendukung Penyerapan Nutrisi Lain
Alpukat kaya akan lemak sehat, yang berperan penting dalam penyerapan nutrisi lain dalam makanan. Beberapa vitamin dan antioksidan dalam makanan hanya larut dalam lemak, sehingga mengonsumsi alpukat bersama dengan makanan lain dapat membantu tubuh Anda menyerap nutrisi tersebut dengan lebih baik.

4. Menyediakan Antioksidan yang Kuat
Buah alpukat mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat tidak hanya baik untuk kulit dan jantung, tetapi juga penting untuk kesehatan mata.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Meskipun alpukat tinggi kalori, namun kandungan serat dan lemak sehat dalam buah ini dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Ini membuat alpukat menjadi pilihan yang baik dalam diet penurunan berat badan.

 

Dikutip dari berbagai sumber

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.398
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.622.333