PROFIL KESEHATAN 2012, TERBIT LEBIH AWAL?

Kebutuhan akan data dan informasi kesehatan semakin meningkat, terbukti setiap hari di ruangan Seksi Pelayanan Informasi Kesehatan selalu ada mahasiswa ataupun para peneliti dan lembaga organisasi tertentu yang memerlukan data/informasi kesehatan. Kebutuhan tersebut selama ini banyak dipenuhi dari format profil kesehatan yang setiap tahun rutin diterbitkan. Untuk data dan informasi yang lebih spesifik harus diolah terlebih dahulu oleh petugas pelayanan informasi seperti data 10 besar penyakit atau data kasus penyakit tertentu di rumah sakit dimana data tersebut tidak tersedia dalam format profil. Oleh karena itu ketersediaan profil kesehatan tersebut sangat penting untuk memenuhi permintaan data dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Dalam rangka itulah Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul berinisiatif mengadakan kegiatan koordinasi dalam rangka penyusunan profil kesehatan secara lebih cepat, tepat dan valid. Pada tahun-tahun sebelumnya penyusunan profil kesehatan belum terpilah menurut jenis kelamin. Mulai tahun 2011 sebenarnya secara bertahap sudah dalam format terpilah menurut jenis kelamin tetapi belum 100 % dapat dipenuhi. Tahun 2012 ini diharapkan semua Kab/kota sudah menyusun profil kesehatan dalam format terpilah menurut jenis kelamin. Kegiatan koordinasi ini dibuka oleh Diana Setiawati, SKM, M.SE, mewaqkili kepala Dinas Kesehatan Bantul. Acara yang dihadiri oleh Ka SUb Bag TU puskesmas dan para pengelola Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Puskesmas se- Kab Bantul tersebut juga menghadirkan nara sumber Berty Murtiningsih dari Dinas Kesehatan Prov. DIY. Dinkes Provinsi DIY melalui Berty Murtiningsih menyampaikan tentang berbagai informasi terkait dengan penyusunan profil kesehatan, diantaranya berbagai data dan informasi hasil pengolahan profil yang sudah diupload melalui web site Kementerian Kesehatan melalui bankdata.depkes.go.id.

Berbagai permasalahan dan hambatan dalam penyusunan profil kesehatan dibahas dalam acara tersebut. Banyak masukan dan keluhan dari para pengelola SIK Puskesmas sebagai ujung tombak atau sumber data dalam profil kesehatan. Sebagian besar masih menyampaikan tentang permasalahan waktu penyampaian dan definisi operasional dari indikator yang ada dalam format profil tersebut. Dengan kegiatan tersebut penerbitan profil kesehatan di Kab Bantul bisa terbit lebih awal sesuai target yaitu awal bulan Februari 2012 sudah dapat tersusun Profil Kesehatan Tahun 2012.

Berita Lainya