Detail Berita


  • 12 Maret 2020
  • 1.931
  • Berita

Menurunkan Stigma Dan Diskriminasi Bagi ODHA

Perkembangan epidemik HIV AIDS di dunia telah menyebabkan HIV AIDS menjadi masalah global dan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Sejak beberapa tahun belakangan ini telah banyak kemajuan yang telah dicapai dalam program pengendalian HIV — AIDS di lndonesia. Berbagai layanan terkait HIV telah dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkannya. Namun demikian teridentifikasi bahwa masih terjadi kehilangan kesempatan mendapatkan pelayanan kesehatan maupun pemenuhan hak hidup lainnya bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya populasi kunci dan ODHA.

Pelaksanaan pelayanan kesehatan dan pemenuhan hak hidup lainnya pada populasi kunci dari ODHA masih cukup mendapat kendala dan tantangan dengan masih adanya stigma dan diskriminasi dalam masyarakat.

Program penanggulangan HIV AIDS mempunyai visi untuk menghentikan AIDS pada tahun 2030 dengan tujuan 1) Meniadakan kasus infeksi baru (Zero New Infection), 2) Meniadakan kematian karena AIDS (Zero AIDS related Death), 3) Meniadakan diskriminasi (Zero Discrimination). Melalui strategi jalur (fast track), target yang ditentukan adalah pada tahun 2027, 90 % ODHA sudah mengetahui status HIV nya, 90 % ODHA yang tahu status HIV nya mendapat pengobatan ARV, 90 % yang mendapat ARV virusnya tersupresi, yang dikenal dengan 90-90-90. Jelaslah bahwa penghapusan stigma dan diskriminasi merupakan upaya penting dalam mencapai visi program penanggulangan HIV AIDS. Upaya ini membutuhkan dukungan lintas program maupun lintas sektor.

Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan Workshop Penurunan Stigma HIV AIDS dalam rangka peningkatan pemahaman yang baik dan benar tentang HIV AIDS dengan mengundang peserta sebanyak 60 orang dari lintas program dan lintas sektor di DIY. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9-11 Maret 2020 di The Hotel Phoenix Yogyakarta. Dalam pertemuan tersebut peserta diberi materi terkait HIV AIDS dan IMS, Stigma dan Diskriminasi serta bagaimana peran lintas sektor dalam penanggulangan HIV AIDS dan penurunan stigma bagi ODHA dan Populasi.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 23.717
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.073.943