Detail Artikel


  • 13 Juni 2021
  • 3.250
  • Artikel

Untuk Kecantikan Kulit, Ini 10 Manfaat Asam Jawa

 Untuk Kecantikan Kulit, Ini 10 Manfaat Asam Jawa

Asam jawa merupakan salah satu buah dari keluarga tumbuhan polong-polongan yang memiliki rasa asam dan manis.

Ekstrak buah ini telah digunakan dalam pengobatan kuno untuk mengobati gigitan ular, malaria, diabetes, sembelit, dan beberapa kondisi akut dan kronis.

Berikut ini beberapa manfaat asam jawa untuk kulit, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Menghilangkan bekas jerawat

Penanganan jerawat yang tidak tepat bisa meninggalkan noda bekas jerawat yang merusak penampilan wajah. Untuk mengatasinya ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti manfaat chemical peeling.

 

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan ramuan asam jawa yang juga memiliki manfaat serupa sehingga wajah terlihat bersih tanpa noda bekas jerawat.

  1. Memperbaiki tekstur kulit

Kurangnya perawatan kulit atau bekas jerawat bisa merusak tekstur kulit, sehingga kulit wajah terasa kasar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan ramuan asam jawa yang mengandung manfaat vitamin C. Sehingga kadar kolagen pada kulit wajah meningkat dan bisa membuat tekstur kulit lebih baik dan terasa lembut.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Penggunaan ramuan asam jawa pada wajah juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal dan menumpuk di wajah.

  1. Mempercepat regenerasi kulit

Kandungan AHA pada asam jawa juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi kulit wajah. Sehingga sel-sel yang telah mati bisa segera digantikan fungsinya oleh sel-sel yang baru.

  1. Mencegah penuaan dini

Asam jawa juga baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga Anda tampak awet muda. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin C pada asam jawa yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang akan menyerang sel-sel tubuh.

  1. Membersihkan wajah

Ramuan asam jawa yang diaplikasikan pada kulit wajah bisa membantu membersihkan wajah dari berbagai kotoran yang menempel sehingga wajah menjadi bersih.

  1. Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah

Penggunaan asam jawa untuk perawatan wajah juga bisa meningkatkan kecerahan dan warna kulit wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah dan putih.

Baca juga: Kecantikan Kulit, Ini 5 Manfaat Kulit Pisang

  1. Menjadikan wajah tampak putih berseri

Penggunan ramuan asam jawa secara teratur juga membuat kulit wajah tampak lebih berseri, sehingga kecantikan Anda akan makin terpancar dan bersinar.

  1. Menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah

Ramuan dari asam jawa juga baik untuk merawat wajah serta menghilangkan noda dan flek-flek hitam yang muncul di wajah.

  1. Mengatasi jerawat

Manfaat asam jawa untuk wajah berjerawat juga sangat baik karena bisa membantu mengatasi jerawat membandel yang merusak penampilan.

Meskipun telah tersedia beragam produk untuk penghilang jerawat seperti manfaat acnol, tetapi penggunaan cara yang alami tentu lebih disarankan karena minim efek samping dan tentunya lebih murah.

Anda bisa menggunakan ramuan dari asam jawa, kencur, daun sambiloto, daun jintan, dan temulawak.

Semua bahan ini diambil sarinya dan diminum secara teratur. Selain sebagai obat dalam, asam jawa juga bisa dijadikan obat luar yang diaplikasikan pada wajah secara langsung. 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.596
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.114.947