Detail Berita


  • 20 Juni 2022
  • 496
  • Berita

Survey Pola Tata Kelola Rumah Sakit

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.  Dalam rangka peningkatan mutu dan jangkauan pelayanan Rumah Sakit serta pengaturan hak dan kewajiban masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan, diperlukan kegiatan berupa survey untuk mengetahui pola tata kelola Rumah Sakit.

 Output dari hasil kajian berupa rekomendasi dan langkah yang perlu dilakukan untuk peningkatan upaya pelayanan Rumah Sakit di tingkat Rumah Sakit kabupaten/kota, dan provinsi sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. Tujuan dari kegiatan survey tata kelola adalah  Tersedianya rekomendasi dalam upaya pembinaan untuk peningkatan upaya pelayanan Rumah Sakit di DIY, Terlaksananya evaluasi dan kajian pola tata kelola Rumah Sakit di DIY. Ruang Lingkup Materi : Penyelenggaran pelayanan di Rumah Sakit, Kesiapan Rumah Sakit dalam penerapan standar Rumah Sakit sesuai  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan

Proses:

  1. Hasil pengumpulan data self assessment akan dikonfirmasi oleh surveyor dengan cara observasi turun lapangan ke Rumah Sakit (Proporsional Sampling)
  2. Untuk memenuhi standard kualitas pengumpulan data, dilakukan supervisi terhadap pelaksanaan pengumpulan data oleh tenaga ahli.
  3. Hasil pengumpulan data disajikan secara kuantitatif dan deskriptif.    

Hasil kajian merupakan hasil analisis terhadap data kondisi eksisting dan regulasi penyelenggaraan Rumah Sakit.

Pertemuan secara daring hasil survey tata kelola rumah sakit dilaksanakan Senin 14 Juni 2022 dengan pemateri/Narasumber dari BMPK DIY selaku pelaksana survey. Kegiatan di hadiri secara virtual oleh kabupaten/Kota dan seluruh rumah sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.942
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.886.119