Detail Artikel


  • 31 Desember 2017
  • 1.055
  • Artikel

Tetap Sehat Saat Mudik Natal dan Tahun Baru

Akhir tahun 2017 sudah di depan mata, hari raya natal dan tahun baru 2018 pun sudah di depan mata, itu berarti, musim mudik kedua juga telah melanda. Ya, di Indonesia, memang musim mudik sering dikaitkan dengan 2 event hari raya, yaitu Idul Fitri, dan hari raya natal dan tahun baru yang jatuh pada akhir tahun. Mereka-mereka yang merantau jauh dari kelarga, jauh dari orang tua, meluangkan waktu, tenaga, dan biaya untuk pulang kampung, untuk merayakan bersama keluarga, atau hanya sekedar melepas rindu.

Mudik saat natal dan tahun baru, tentu saja berbeda dengan mudik ketika hari libur biasa. Selain juga ada tujuan hari raya dan hari besar, mudik saat natal dan tahun baru memiliki pola tantangan sendiri, yaitu berdesakan dan riuh macetnya jalanan, karena ribuan bahkan ratusan ribu orang juga melakukan aktivitas mudik yang sama.

Untuk tetap sehat saat mudk natal dan tahun baru ini, berikut 7 tips bagi para pemudik yang bisa anda terapkan.

  1. Berangkat berkendaralah dalam keadaan sehat. Jangan mengemudi kalau badan terasa kurang sehat / segar
  2. Kalau lelah dalam perjalanan, segera istirahat. Anjuran umum, setiap 4 jam berkendara (roda 4 atau roda 2) maka harus beristirahat
  3. Kalau selama dalam perjalanan ada keluhan sakit, maka segera berobat ke hampir 700 Pos Kesehatan, Puskesmas dan rumah Sakit di sepanjang jalur arus mudik
  4. Jagalah kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam perjalanan mudik, jangan jajan sembarangan. Selain itu, jangan lupa CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun)
  5. Bawalah obat-obat yang diperlukan selama perjalanan, baik obat-obat yang memang rutin dikonsumsi untuk penyakit kronik, maupun obat emergency yang diperlukan. Selalulah berkonsultasi dengan petugas kesehatan untuk menentukan obat yang dapat dikonsumsi.
  6. Jagalah kebersihan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan.
  7. Agar aman di jalan maka sebelum berangkat mudik maka periksalah kondisi kendaraan anda. Juga, patuhi senantiasa rambu lalu lintas dan arahan petugas. Pengendara sepeda motor harus menggunakan helm, dan pengendara mobil harus memasang seat bealt.

 

Sumber :

http://health.liputan6.com

https://news.okezone.com

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 161
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.039.422