Detail Berita


  • 07 Februari 2020
  • 143
  • Berita

Pertemuan Orientasi Kesehatan Kerja dan Olahraga

Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya bagi masyarakat,perlu diselenggarakan upaya kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam bentuk upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, yang diselenggarakan dalam bentuk kegiatan dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Program kesehatan olahraga merupakan program yang akan mendukung penurunan masalah kesehatan di Indonesia terutama obesitas,penyakit tidak menular/PTM,penyakit menular /PM dan masalah gizi termasuk stunting dan angka kematian ibu.

Kesehatan Olahraga adalah Latihan fisik/olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan derajad kesehatan dan kebugaran jasmani yang dilakukan dengan baik,benar,terukur, dan teratur ( BBTT ). Pengetahuan masyarakat tentang latihan fisik/olahraga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, dan diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan latihan fisik/olahraga secara teratur. Pengetahuan tentang cara melakukan latihan fisik/olahraga yang baik dan benar, terukur dan teratur,oleh karena itu informasi tersebut perlu disosialisasikan ke masyarakat oleh pengelola program kesehatan puskesmas.

Untuk wilayah DIY dari 121 puskesmas semuanya sudah melakukan program kesehatan olahraga antara lain Pengukuran kebugaran jasmani Calon Jemaah haji dan pembinaan kelompok olahraga. meskipun sampai saat ini puskesmas yang sudah melakukan pengukuran Kebugaran bagi anak sekolah dasar dan pengukuran kebugaran ASN masih sebagian kecil sekitar 5%. Untuk program kesehatan haji, calon Jemaah haji yang sudah dilakukan pengukuran kebugaran di DIY pada tahun 2019 sebanyak 2601 orang dengan tingkat kebugaran sebagai berikut Baik sekali sebanyak 65 orang Baik 235 orang, Cukup 1431 orang, Kurang 614 orang, Kurang sekali 152 orang, dan 104 orang tidak dilakukan pengukuran kebugaran dikarenakan kondisi Usia dan fisik yang kurang baik.Untuk meningkatkan kinerja program kesehatan olahraga maka  berkaitan dengan hal tersebut di atas perlu dilakukan  Orientasi  kesehatan  olahraga Kabupaten maupun  Puskesmas.

Dinas Kesehatan DIY melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan, pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 5-6 Februari 2020, menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Orientasi  Kesehatan Kerja dan Olahraga di  Hotel Santika Jl. Jend. Sudirman No.19 Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh 128 orang, yang merupakan Penanggungjawab program Kesehatan Olahraga di Kabupaten/Kota, Pengelola  Kesehatan Olahraga di Puskesmas se Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Programer Kesehatan Olahraga di Provinsi. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pengukuran kebugaran jasmani calon Jemaah haji, pengukuran kebugaran jasmani bagi ASN, pengukuran kebugran jasmani bagi anak sekolah dasar, serta tentang pencatatan  dan pelaporan hasil pengukuran kebugaran jasmani.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 609
  • Bulan Ini

  • 56
  • Total Kunjungan

  • 533