Detail Info Kegiatan


  • 17 Maret 2020
  • 651
  • Info Kegiatan

Pengelolaan Data SDMK Puskesmas se DIY

Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) merupakan salah satu upaya strategis untuk menjamin pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata sebagaimana dicita-citakan oleh seluruh elemen bangsa Indonesia. Pengembangan dan pemberdayaan yang optimal hanya dapat dilakukan bila dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasinya didasarkan pada data dan informasi yang selalu up to date.

SDMK merupakan salah satu data dan informasi yang penting namun sangat dinamis, karena perubahan jumlah dan jenisnya yang terjadi setiap waktu seperti perpindahan tempat, perubahan jenjang dan / jenis pendidikan, perubahan jenjang dan/ jenis jabatan, perubahan status perkawinan dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan upaya pengkinian data yang kontinyu dan terus menerus. Sistem Informasi (SI) menjadi bagian penting untuk dukungan organisasi, termasuk untuk mendukung Sistem Kesehatan. SISDMK merupakan serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi baik di pusat maupun di daerah yang mampu menghasilkan informasi terkini dan akurat guna mendukung pengembangan dan pemberdayaan SDMK yang dikembangkan oleh BPPSDMK Kementerian Kesehatan RI. SISDMK membantu pengelolaan data secara cepat dan terintegrasi, dan melakukan implementasinya dengan beberapa sub-komponen kegiatan pencatatan, pengelolaan dan analisis data.

Dalam upaya pengumpulan dan pemutakhiran data SDM Kesehatan yang ada saat ini serta dalam menjembatani kebutuhan akan analisis terhadap data yang terkumpul untuk diolah menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat dipergunakan untuk diolah menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai dasar dalam proses perencanaan maupun pengambilan keputusan bagi pimpinan, Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Data dan Informasi SDM Kesehatan. Kegiatan ini dilakukan secara bottom up, mengumpulkan seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan sebagai sumber data primer dan selanjutnya secara berjenjang dilakukan validasi dan pemutakhiran di tingkat kabupaten/ kota, provinsi dan tingkat nasional.

Pada hari Sabtu, 14 Maret 2020 telah dilakukan pengelolaan data SDMK Puskesmas se DIY di Malioboro Ballroom New Saphir Hotel. Hadir pada kegiatan tersebut seluruh petugas Kepegawaian/ Ka TU Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota Se DIY dan Dinas Kesehatan DIY dengan Narasumber dari BPPSDMK Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan DIY. Melalui pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi seluruh Puskesmas untuk melakukan updating data SDMK secara terus menerus demi ketersediaan data dan informasi yang valid, terkini dan reliabel.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 186
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.178.151