Detail Artikel


  • 30 September 2021
  • 121
  • Artikel

Penerapan Kampus Sehat Melalui “Goes to campus”

Program Kampus Sehat merupakan gerakan untuk hidup sehat di perguruan tinggi melalui sebuah pendekatan kesehatan secara menyeluruh untuk menciptakan lingkungan belajar dan budaya organisasi yang mendorong kesehatan, kesejahteraan komunitas, serta memberdayakan individu untuk mencapai potensi dirinya. Setiap lembaga pendidikan dan perguruan tinggi baik yang mempunyai ataupun yang tidak mempunyai fakultas atau jurusan atau prodi bidang kesehatan dapat mengimplementasikan konsep kampus sehat. Kampus sebagai lingkungan pendidikan generasi muda dan tempat berkumpulnya kelompok usia produktif memiliki potensi untuk menjadi agent of change dan berkontribusi dengan berbagai inovasi dalam upaya promosi kesehatan dan pencegahan berbagai penyakit baik penyakit tidak menular maupun penyakit menular.

Sehubungan dengan Program Kampus Sehat tersebut, Dinas Kesehatan D.I. Yogyakarta pada tahun 2021 akan menginisiasi kegiatan kampus sehat di lima kampus, meliputi: pertemuan persiapan, kuliah umum (sosialisasi) kampus sehat, dan bimbingan teknis kampus sehat. Pada tanggal 26 Agustus 2021 sudahdilakukanpetemuakoordinasiawaluntuk lima kampusantara lain Universitas Muhammadiyah Ygyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Respti Yogyakarta dan PoltekesKemenkes.

Melalui kegiatan kampus sehat di D.I. Yogyakarta diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran hidup sehat di perguruan tinggi dengan indikatorantara lain terlaksananya kegiatan sosialisasi program kampus sehat di 5 perguruan tinggi, terlaksananya bimbingan teknis program kampus sehat di 5 perguruan tinggi, terbentuknya tim kader kesehatan kampus sebagai agent of change di 5 perguruan tinggi dan terlaksananya kegiatan skrining kesehatan berkala di 5 perguruan tinggi. Pada program kampus sehat ini ada beberpa program yang difokuskan anatra lain program penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa, program Tb, dan program HIV AIDS.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berlanjut dengan implementasi empat program priroitas (penyakit tidak menular, kesehatan jiwa, TB dan HIV AIDS) sebagai bentuk percontohan kampus sehat di Daerah Istimewa Yogayakrta. Impelementasi kampus sehat ini diintegrasikan dengan kondisi dan fasilitas serta program program kesehatan yang sudah pernah ada di beberapa kampus dan dengan pembinaan teknis dari puskesmas setempat.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.305
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.177.915