Detail Info Kegiatan


  • 31 Maret 2022
  • 151
  • Info Kegiatan

Pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) DIY Periode Februari Tahun 2022

Dinas Kesehatan DIY bersama dengan Kementerian Kesehatan RI, pada hari Senin - Selasa tanggal 14-15 Februari 2022 telah melaksanakan Pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) DIY periode Februari tahun 2022 yang dilakukan secara daring.

Tujuan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2017 yaitu pemahiran dan pemandirian profesi dokter. 

Kegiatan ini bertujuan agar dokter peserta internsip dapat memahami kebijakan di DIY, seluk beluk kegiatan internsip, mengenal adat istiadat dan budaya daerah dimana peserta PIDI ditempatkan dengan permasalahan kesehatannya. Pembekalan wajib diikuti oleh dokter internsip agar kegiatan keprofesionalan terlaksana di wahana.

Jumlah peserta sebanyak 70 dokter yang akan melaksanakan masa internsip selama 12 bulan di Daerah Istimewa Yogyakarta di stase Rumah Sakit 6 bulan dan stase Puskesmas 6 bulan. Dengan penempatan di RSUD Wates, RSUD Nyi Ageng Serang, RS Bhayangkara, RSIY PDHI dan RS Queen Latifa.

Kegiatan diikuti pula oleh dokter pendamping, pimpinan wahana (RS & puskesmas), KIDI pusat dan KIDI DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten (Sleman, Kulon Progo) dan fasilitator dari sekretariat PIDI pusat & PIDI DIY. Narasumber kegiatan berasal dari Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) DIY, Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) Pusat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY, Dinas Kesehatan DIY dan Satgas Covid Provinsi.

Hari pertama diisi dengan materi “Kebijakan PIDI Nasional pada Masa Pandemi COVID-19” disampaikan oleh dr. Hermien Widjajati, Sp. A / KIDI Pusat, dilanjutkan dengan Mini workshop persiapan pelaksanaan PIDI di Wahana yang meliputi Pembuatan jadwal kegiatan PIDI di wahana, Pembuatan kesepakatan awal, dan e-Logbook (Sistem Pencatatan dan Pelaporan Kinerja Peserta dan simulasinya) yang dipandu oleh KIDI pusat & Sekretariat PIDI pusat.

Hari Kedua disampaikan materi “Kebijakan Pembangunan Kesehatan di provinsi dan Kebijakan Teknis Penanggulangan COVID-19 di provinsi” disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY Ibu drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes dilanjutkan dengan materi “Praktik Kedokteran, Etika Kedokteran dan alur pembuatan Rekomendasi SIP” oleh dr. Desi Arijadi (IDI DIY/KIDI DIY); terakhir disampaikan materi  “Pencegahan Pengendalian Infeksi (Covid-19)” oleh drh. Berty Murtiningsih, M.Kes selaku Satgas Covid Provinsi.

Acara berlangsung dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktek. Walaupun kegiatan selama 2 hari dilakukan secara daring tetapi tidak mengurangi mutu dan tujuan dari kegiatan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 18.120
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.737.127