Detail Info Kegiatan


  • 01 Desember 2020
  • 5.076
  • Info Kegiatan

Palatihan Vaksinator Covid-19

Pemerintah telah menetapkan pandemi Corona Virus Disease sebagai bencana non alam. Pandemi ini memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia dan memberikan dampak dalam berbagai sektor kehidupan seperti sosial, kesehatan, dan pendidikan. Perlu dilakukan tindakan interfensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif melalui upaya pemberian vaksinasi.

Tujuan dari pelaksanaan vaksinasi ini adalah untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan menyeluruh, menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

Berdasarkan Surat dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor SR.02.06/II/0950/2020 Tanggal 19 Oktober 2020 Tentang Pemberitahuan Rencana Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19, maka DIY melaksanakan persiapan kegiatan tersebut salah satunya dengan mengikuti pelatihan Vaksinator Covid-19.

Bapelkes Semarang mengadakan Pelatihan Vaksinator Covid-19 Tahun 2020 melalui Webinar pada tanggal 30 November – 3 Desember 2020. Tujuan dari pertemuan ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang vaksinasi dan mengetahui Epidemiologi Covid-19 secara umum. Sebelum mengikuti pelatihan, calon peserta diwajibkan melakukan pendaftaran secara online melalui website sipelatdu.bapelkessemarang.id

Peserta pelatihan terdiri dari 8 orang dari Dinkes Provinsi (4 peserta dari Seksi Pencegahan Penyakit, 1 peserta dari Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan, Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar, Rujukan dan Khusus, Seksi Standarisasi Tenaga dan Sarana Kesehatan, dan Seksi Farmasi, Makanan, Minuman dan Alat Kesehatan), 4 Peserta dari Dinkes Kab/Kota, 2 peserta dari Puskesmas di Kab/Kota, dan 2 peserta dari Rumah sakit pemerintah yang ada di Kab/Kota DIY (RSUD Wates, RSUD NAS, RS Panembahan Senopati, RSPAU Hardjolukito, RSUD Wonosari, RS Saptosari, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RSUP Dr Sardjito, RSUD Kota Yogyajarta, RS Pratama dan RS DKT dr. Soetarto)

Kurikulum yang akan disampaikan terkait kebijakan imunisasi Covid-19, Epidemiologi Covid-19, Strategi Komunikasi, Mikroplanning, Pelaksanaan Imunisasi dan Rantai Dingin Vaksin, Pencatatan dan pelaporan Imunisasi, Monitoring dan evaluasi pelaksanaan imunisasi, Survailans KIPI, dan anti korupsi.

Peserta pelatihan wajib mengikuti seluruh proses pembelajaran secara Distance Learning  melalui Zoom meeting minimal 95% kehadiran dari jumlah jam pelajaran, sehingga dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat.

 

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 571
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 3.671.064