Detail Artikel


  • 06 Juni 2018
  • 1.131
  • Artikel

Awass..Penyakit ini Rentan menyerang pemudik

Tak lebih dari 2 minggu lagi, umat muslim akan merayakan hari raya idul fitri 1439 H, dan artinya, masa mudik yang merupakan tradisi khas Indonesia juga tinggal beberpara hari lagi terjadi. Akan terjadi aktivitas yang luar biasa di jalanan dan di sarana-sarana transportasi lainnya, yang merupakan rangkaian pulang kampung para perantauan, dan kembalinya mereka ke daerah perantauan tempat mereka hidup. Hal seperti inilah yang terjadi setiap tahunnya.

Tak peduli harus menempuh jarak ratusan, dan bahkan mungkin ribuan kilometer, banyak orang rela melakukan perjalanan pulang kampung demi bisa berkumpul bersama keluarga. Namun terkadang, kurangnya persiapan fisik dan mental bisa membuat pemudik rentan diserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat di tempat tujuan, tetap dalam keadaan sehat.

Menurut Ari Fahrial Syam, staf pengajar di Departemen Ilmu penyakit Dalam FKUI-RSCM, ada tiga kelompok penyakit yang rentan menyerang selama mudik: penyakit kronik yang kambuh, penyakit akibat kelelahan, serta penyakit akibat kecelakaan. Kondisi lelah dan waktu yang tidak jelas untuk sampai di tempat tujuan, apalagi disertai kondisi stres selama perjalanan, akan menyebabkan kambuhnya penyakit kronik, seperti hipertensi, diabetes, penderita mag, asma, dan penyakit kronik lainnya. Belum lagi cuaca yang tidak menentu, kadang hujan kadang panas, juga merupakan faktor yang bisa memperburuk keadaan.

Selain penyakit kronik, kelelahan selama di perjalanan juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Ditambah lagi, saat berbuka puasa serta sahur selama dalam perjalanan, pemudik cenderung mengonsumsi makanan yang tidak cukup dan seadanya saja. Sebagian besar pemudik bahkan hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang didapat selama perjalanan atau dibawa selama perjalanan, sehingga penyakit infeksi akut, seperti flu, diare, dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mudah terjadi. Kelompok penyakit ketiga adalah akibat kecelakaan. Kecelakaan masih penyebab kematian utama bagi para pemudik.

Mengantuk dan ingin cepat sampai ke kampung halaman merupakan faktor utama yang menyebabkan pengendara tidak waspada, sehingga kecelakaan tidak dapat dihindarkan. Selain kecelakaan lalu lintas, para pemudik juga bisa mengalami kecelakaan karena lengah, misalnya terjatuh, terbentur oleh pemudik lain yang juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.040
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.057.266