Detail Info Kegiatan


  • 18 Maret 2020
  • 621
  • Info Kegiatan

Monitoring dan Evalausi Program Internsip Dokter Indonesia

Penyelenggaraan Program internsip di fasilitas pelayanan kesehatan merupakan amanah PERMENKES RI No. 299/MENKES/PER/II/2010 yang bertujuan untuk memantapkan mutu profesi dokter yang baru lulus program studi kedokteran berbasis kompetensi. Program intership adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Program Internsip Dokter Indoesia diselenggarakan pertama kali pada tahun 2011. Hingga Saat ini telah diselenggarakan pada 18 Pasang Wahana (RS dan Puskesmas) di seluruh Kabuapten/ Kota di DIY. Dari sisi pengembangan SDM, program internsip dokter akan memberikan kesempatan kepada dokter untuk mendapatkan pengalaman yang meliputi pengalaman melakukan upaya kesehatan perorangan (UKP) selama 6 bulan, dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) selama 6 bulan.

Diharapkan melalui program internsip ini akan dihasilkan dokter yang semakin kompeten untuk memberikan layanan kesehatan primer bagi masyarakat luas, sehingga cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sehat akan segera tercapai. 

Untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Internsip Dokter Indonesia di DIY, Sekretariat PIDI DIY bersama dengan KIDI DIY melakukan evaluasi dan monitoring terhadap peserta PIDI di DIY. Metode yang digunakan dalam evaluasi adalah Focus Grup Discussion (FGD) dengan peserta Dokter Internsip, Dokter Pendamping dan Perwakilan Wahana. Denan FGD diharapkan dapat menggali permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan ProgramInternsip di lapangan. Pada Bulan Februari Tahun 2020, telah dilaksanakan monev PIDI pada 3 Pasangan wahana PIDI yaitu RSUD Prambanan- Puskesmas Kalasan, Puskesmas Wonosari – Puskesmas Pathuk I, RSUD Panembahan Senoapti Bantul – Puskesmas Jetis I Bantul. Peserta PIDI pada wahana tersebut akan menyelesaikan PIDI pada bulan Mei 2020. Secara umum penyelenggaraan PIDI pada wahana tersebut berjalan dengan baik, seluruh peserta mengikuti program sesuai dengan ketentuan yang ada. Permasalahan yang dialami peserta dan dokter pendamping berkaitan dengan teknis pengisian borang online. Sekretariat PIDI DIY akan mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan dengan PIDI Pusat mengenai petunjuk manual pengisian boring online kepada peserta maupun dokter pendamping.

Monitoring dan evaluasi program internsip merupakan kegiatan rutin yang dilakukan minimal 1 kali setahun pada setiap periode penempatan peserta Program Internsip Dokter Indonesia di DIY. DIY mendapatkan 4 kali periode penempatan setiap tahunnya, yakni periode Februari, Mei, Agustus dan November.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.325
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.177.935