Detail Artikel


  • 29 Desember 2016
  • 1.026
  • Artikel

Suka Nyetir Mobil? Hati-hati kesuburan anda!!

Anda driver? Atau anda seorang penempuh perjalanan panjang setiap hari menggunakan mobil? Atau anda seorang seorang pembalap? Mungkin sedikit informasi ini dapat memberikan warning agar anda lebih berwaspada terhadap rutinitas anda ini. Kenapa? Karena, bagi pria, terlalu lama menyetir bisa menurunkan kualitas sperma. Duuhhh..benarkah? Cekidot info lebih panjangnya.

Sebuah studi menemukan bahwa pengemudi taksi memiliki kualitas sperma yang kurang baik dibandingkan pria yang bukan pengemudi taksi. Menariknya, semakin senior pengemudi taksi tersebut, semakin buruk kualitas spermanya. Ada alasan mengapa testis (kelenjar yang memproduksi sperma) disimpan di luar tubuh dalam kantong khusus, tidak seperti ovarium yang disimpan di dalam tubuh. Alasannya, supaya suhu testis lebih rendah daripada suhu internal tubuh sehingga produksi sel sperma berlangsung lebih optimal. Testis manusia hanya dapat berfungsi dengan baik jika berada di tempat yang paling dingin dari seluruh tubuh. Anatomi tubuh pria dirancang untuk menciptakan jarak antara testis dan suhu inti tubuh.

Sementara itu, posisi mengendarai mobil bisa meningkatkan suhu testis hingga 2 derajat Celsius, padahal kenaikan suhu 1 derajat Celsius saja bisa mengurangi jumlah dan pergerakan sperma, seperti dilansir dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center. "Jika suhu testis dinaikkan hingga 37 derajat Celcius, produksi sperma berhenti. Ketika produksi terganggu, dampak negatifnya bisa berlangsung selama berbulan-bulan," kata Hal Danzer, MD, spesialis kesuburan di Los Angeles, seperti dilansir Health.com. "Paparan panas mendatangkan malapetaka pada kemampuan reproduksi seorang pria. Jumlah keseluruhan sperma menurun, begitu juga pegerakan dan bentuknya," kata Paul Shin, MD, urolog di Washington DC.

Selain menyetir, ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa mengurangi kesuburan pria, antara lain berendam di air panas, demam tinggi, kebiasaan memangku laptop, menggunakan celana dalam terlalu ketat, kegemukan, ponsel, serta kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.134
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.181.265