Detail Berita


  • 08 Juni 2020
  • 1.077
  • Berita

Menilik Penerapan Protokol Kesehatan di Kawasan Malioboro, Sudah Berjalankah ?

Kawasan Malioboro sebagai ikon Jogja tidak bisa dipungkiri lagi. Bagi sebagian pendatang dari luar Jogja, belum ke Jogja kalau belum ke Malioboro, sehingga Malioboro sebagai tempat yang “wajib” dikunjungi. Malioboro tidak mengenal waktu, selalu ramai pada saat sebelum pandemi Covid 19 melanda dunia. Tapi bagaimana kondisi Malioboro selama 2 bulan terakhir ini? Lengang…begitu keadaannya.

Berbagai komunitas selalu hadir dan menyemarakkan kawasan Malioboro sepanjang hari, tapi sejak adanya pandemic covid 19 ini, semua sirna dan sepi. Malioboro juga sebagai urat nadi perekonomian Jogja, khususnya UMKM yang bergerak pada sektor pariwisata. Begitu pemerintah mulai mengendorkan pengetatan dan pengawasan terhadap  masyarakat dengan wacana new normal, seakan sudah menahan kerinduan yang lama untuk melakukan aktifitas di tempat public seperti Maliboro ini, sehingga mulai Nampak geliat Malioboro dengan aktifitas dan keramaian warga Jogja.

Pada malam minggu 6 Juni 2020 yang lalu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 DIY khususnya dari BIdang Gakkum  yang terdiri dari Polda DIY, Korem, Polresta, Polsek dan Koramil setempat, Dinas Kesehatan, Dishub, Satpol PP, BPBD melakukan pengecekana lapangan untuk melihat sejauh mana protocol kesehatan dipatuhi oleh masyarakat di kawasan Malioboro. Ada beberapa temuan dan catatan seperti pemakaian masker yang belum sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat di kawasan Malioboro, penyediaan tempat cuci tangan yang kurang memadai serta jaga jarak yang diabaikan. Khusus untuk jaga jarak ini banyak dilanggar oleh pengunjung yang memanfaatkan bangku2 yang ada di sepanjang trotoar Maliboro serta para penggowes yang melakukan kumpul – kumpul di area titik nol. Selain itu juga ada permintaan warga masyarakat yang menghendaki agar  Malioboro dilengkapi dengan semua sarana penunjang untuk melaksanakan protocol kesehatan sehingga aman dari penularan covid 19 bagi pengunjung dan semua warga yang berada di kawasan Malioboro.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 14.390
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.064.616