Detail Artikel


  • 07 Maret 2016
  • 1.028
  • Artikel

Berkendara di Jalan? Yuk Nyanyi Selamat di Jalan....

Guna mendukung Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan, Dinas Kesehatan DIY sesuai arahan Kementerian Kesehatan menetapkan 8 program/ kebijakan, yaitu, pembentukan Pos Gawat Darurat Terpadu (PGDT)/ Public Safety Centre (PSC) di setiap kabupaten/kota secara bertahap. PGDT merupakan sarana tanggap darurat korban kecelakaan lalu lintas (KLL), disesuaikan dengan lokal spesifik daerah kabupaten/kota. Kegiatan ini akan diikuti pula dengan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan serta prasarana dan sarana untuk PGDT/PSC tersebut.
 

Program berikutnya adalah menyiapkan sarana rujukan kasus KLL untuk mengurangi angka fatalitas korban KLL; Mendorong implementasi penjaminan korban KLL serta program rehabilitasi berbasis masyarakat pada korban pasca KLL; Meningkatkan aspek promotif dan preventif melalui kegiatan kampanye/promosi/jejaring kemitraan berperilaku sehat di jalan kepada anak sekolah serta elemen masyarakat lain seperti PKK, kelompok masyarakat peduli keselamatan jalan dll; Implementasi kegiatan preventif secara aktif melalui deteksi dini faktor risiko KLL yang berkaitan dengan kesehatan pengemudi serta mendorong untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala pada pengemudi; Mendukung pelaksanaan kegiatan ‘Surveillance Injury’ serta sistim informasi manajemen pada kasus KLL dengan lintas sektor terkait dalam upaya pengembangan program pencegahan KLL berbasis data (evidence based); Mendukung riset yang berkaitan dengan kesehatan yang dalam pendekatan pencegahan KLL dan penanganan  korban KLL yang efektif dan efisien; serta Mendorong pemerintah daerah, masyarakat, profesi dan swasta untuk berperan secara aktif dalam pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan KLL bekerja sama dengan lintas sektor terkait.

Lantas, bagaimana implementasinya?

Yuk lihat cuplikan video dibawah ini... ssssstttttt khusus untuk pegawai Pemda DIY nonto video nya  jangan di antara Jam 09.00-15.00 ya !!! Why? 'cause youtube diblok pada jam tersebut... what a shame..its not North Korean, right?? (agp 2.0)



Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.101
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.114.452