Detail Artikel


  • 22 September 2017
  • 3.025
  • Artikel

Kemarau...10 Tips Jaga Kesehatan

Apakah beberapa hari ini anda merasakan, udara siang hari begitu panasnya? Mungkin hingga beberapa hari ke depan, cuaca panas seperti ini masih tetap akan dirasakan oleh kita semua. Ya, salah satu cuaca yang menandai musim kemarau, panas luar biasa karena nyaris tidak ada sentuhan air hujan ke muka bumi. Terasa kering, tak hanya tanah dan tumbuhan, tapi kulit kita pun akan terasa kering dan tidak nyaman. Pun begitu dengan kesehatan, musim seperti ini sangat tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika kita lengah tidak menjaganya, hmmm, pasti penyakit menghantui kita.

Tahukah anda bahwa musim kemarau adalah musim yang sangat rentan terhadap penyebaran penyakit ? Penyebaran nyamuk, polusi debu dan virus flu adalah yang paling sering muncul.  Perlu trik khusus untuk menjaga kesehatan anda di musim kemarau. Apa saja itu? Berikut 10 tips menjaga kesehatan di musim kemarau

1.        Pakailah pakaian katun yang ringan
Hal ini akan membuat kulit anda bernafas dan mengurangi jumlah keringat. Bakteri penyuka keringat merupakan penyebab dari biang keringat, jadi cobalah untuk tetap menjaga kesejukan agar terhindar dari infeksi.

2.        Hindari udara panas di siang hari
Hal ini dapat menyebabkan kelelahan atau stroke. Lindungi keluarga anda dengan tetap berada di tempat yang teduh dan mengkonsumsi banyak air

3.        Pakailah topi dan tabir surya
Tabir surya dapat menjaga anda beserta kulit anda dari efek sinar matahari yang berbahaya. Topi dan tetap berada di tempat teduh membuat anda tetap merasa sejuk dan kering, yang dapat menjadi solusi untuk terhindar dari bau badan dan biang keringat.

4.        Mencuci tangan dengan teratur
Ingatlah bahwa kuman hidup dimana-mana, dari mulai alas dapur sampai pada pegangan pintu, anda secara terus-menerus melakukan kontak dengan kuman. Jadi mencuci tangan secara teratur adalah kunci untuk melindungi anda dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi di musim panas.

5.        Mandi secara teratur
Hal ini dilakukan untuk menghindari keringat berlebih

6.        Tetaplah terhidrasi
Air segar dan jus akan menjaga anak anda terhidrasi dan sejuk. Periksalah bahwa air minum yang anda konsumsi aman atau telah ditangani dengan tepat terhindar dari infeksi pada air seperti gastroenteritis.

7.        Konsumsilah makanan sehat
vitamin secara alami mendorong sistem kekebalan tubuh. Jadi berikan anak anda banyak konsumsi buah segar dan sayur untuk dapat membantu melawan infeksi musim panas. Pastikan buah dan sayur tersebut telah dicuci dengan air bersih.

8.        Hindari menggosok mata
gunakan handuk dan atau sapu tangan bersih untuk menghindari infeksi mata yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

9.        Jagalah wadah air minum anda tetap bersih 
wadah harus dikosongkan, dikeringan, lalu diisi ulang secara teratur untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk.

10.    Siapkan alas makan
pastikan alas dapur dan tangan anda telah dicuci dan dikeringan sebelum anda menyiapkan makanan untuk menghindari keracunan makanan.!

 

 

Sumber :

http://www.lifebuoy.co.id/

https://healthywear.blogspot.co.id

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 30.721
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.080.947