Detail Berita


  • 27 April 2016
  • 1.254
  • Berita

KENALI GIZI BURUK

Keadaan gizi buruk pada anak disebabkan karena orang tua mereka kemungkinan memiliki berbagai masalah yang membuat mereka tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi anaknya.

Faktor mendasar yang menyebabkan anak gizi buruk antara lain :

1.Ekonomi

Keadaan ekonomi keluarga yang masih rendah dan penghasilan dari pekerjaan yang kurang mencukupi juga harga bahan bahan makanan yang cenderung mahal

2.Sanitasi.

Keadaan sanitasi yang kurang baik di rumah dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan anggota keluarga terutama anak-anak,buruknya sanitasi juga dapat berpengaruh pada pencemaran bahan makanan yang akan dimasak.

3.Pendidikan

Rendahnya tingkat pendidikan orang tua sehingga mereka kurang memahami pentingnya konsumsi gizi pada anak sehingga cenderung untuk tidak perduli dan menganggap hal yang tidak penting.

4.Perilaku orangtua

Kebanyakan orang tua merasa paling paham tentang anaknya padahal mereka sebenarnya masih memerlukan bantuan atau bimbingan dari ahli gizi dan medis untuk bagaimana mengatasi masalah kesehatan dan gizi yang dialami anaknya, orangtua dengan pola pikir seperti ini bisa menyebabkan anak selalu dalam keadaan gizi buruk dan rentan terserang berbagai penyakit.oleh karena itu penanganan anak gizi buruk tidak bisa hanya dilakukan oleh satu sektor saja.

masih banyaknya anggapan bahwa masalah gizi berhubungan dengan kesehatan sehingga penanganannya haruslah pendekatan di bidang kesehatan, sebenarnya kesehatan hanyalah salah satu  pelaksana tehnis dalam penanganan masalah gizi buruk dalam bentuk pengobatan,perawatan, pemberian makanan tambahan dan suplemen gizi dan itu berarti masih perlu pendekatan di bidang ekonomi.pendidikan pertanian dan masih banyak lagi pendekatan dengan sektor terkait lainnya.

Yang terpenting sekarang adalah bagaimana penanganan terhadap faktor yag menyebabkan gizi buruk yang tentunya untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan interaksi yang dinamis dengan melibatkan semua sektor terkait. baik itu pemerintah,swasta dan masyarakat..Marilah kita bersama sama satukan barisan,lakukan  yang terbaik untuk  memerangi gizi buruk.
























Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 22.699
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.894.876