Detail Artikel


  • 10 Januari 2017
  • 1.986
  • Artikel

JUS SAYUR UNTUK ANAK

JUS SAYUR UNTUK ANAK

 

                Sebagai orangtua, seringkali kita merasa galau saat buah hati sulit makan sayur dan buah. Manfaat buah dan sayur bagi tumbuh kembang anak sudah tidak diragukan lagi. Oleh sebab itu, ketika menu makan lengkap yang memenuhi standar gizi bagi anak telah disiapkan dan dihidangkan namun kenyataannya anak tidak mau menyentuh pada bagian sayuran. Alasannya beragam. Banyak yang menyatakan bahwa sayur tidak enak, mau muntah dan alasan lain khas anak anak yang mengemuka.

Mensiasati kekurangan sayur pada anak, mungkin bisa dicoba memberikannya dalam bentuk jus. Meski masih banyak perdebatan yang menyatakan bahwa sayuran yang dijus tidak memberikan manfaat karena hanya berupa air. Namun demikian, memberikan sebagai alternatif mungkin lebih baik ketimbang tidak sama sekali. Meski memberikan sayur untuk dimakan memang jauh lebih baik daripada disajikan dalam bentuk jus. Berikut beberapa resep alternatif jus buah dan sayur yang diambilkan dari situs www.kalbestore.com

1.      Jus wortel, apel dan jeruk. Wortel mungkin bukan sayuran favorit si kecil, padahal wortel mengandung vitamin A, berbagai mineral – seperti kalsium dan potassium, serta beta karoten dan lutein yang baik untuk antibodi tubuh. Nah, jika si kecil tidak doyan wortel, kombinasikan dengan buah yang manis atau sedikit asam, seperti apel dan jeruk. Gunakan juicer untuk mengolah dua buah wortel berukuran sedang dengan masing-masing sebutir jeruk dan apel. Tambahkan sedikit jahe sesuai dengan selera anak Anda. Percaya deh, rasa manis alami dari jus ini akan membuat si kecil ketagihan mengonsumsi wortel.

2.      Jus bayam, pir dan stroberi. Si kecil kurang menyukai sayuran berdaun hijau?  Ya, bayam biasanya kurang disukai karena memiliki rasa yang hambar. Padahal, bayam mengandung vitamin K dan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi si kecil. Bayam juga kaya serat, yang baik untuk pencernaannya. Cara membuat jus hijau ini gampang saja, campurkan bayam yang telah direbus sebentar dengan sebutir buah pir, beberapa butir stroberi sesuai selera, dan ½ perasan air lemon agar aromanya segar, sehingga membangkitkan selera si kecil. Untuk variasi, Anda bisa mengganti bayam dengan sayuran hijau lainnya, seperti brokoli. Jangan lupa, gunakan blender agar serat tidak terbuang, ya. 

3.      Jus tomat, wortel dan seledri. Anak biasanya menyukai saus tomat botolan, namun kurang menyenangi makan tomat segar. Padahal, dibandingkan dengan tomat olahan, tomat yang segar baik dikonsumsi karena kaya kandungan antoksidan dan vitamin C yang mampu melindunginya dari berbagai gangguan penyakit. Nah, agar si kecil mau makan tomat segar, bikin jus sayur yang mengkombinasikan kurang lebih 5 buah tomat matang, 2 buah wortel dan sebatang seledri, yuk. Tambahkan 2 buah balok es kecil dalam prosesnya, sehingga jus ini cocok dikonsumsi si kecil pada saat cuaca panas, karena terasa manis dan segar. Yummy!   

 

Gambar sumber : http://catatanbunda-hebat.blogspot.com/2016/02/ini-3-resep-jus-buah-dan-sayur-untuk-menambah-berat-badan-si-kecil.html#

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.908
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.187.039