Detail Artikel


  • 06 Juni 2017
  • 10.589
  • Artikel

Aplikasi Untuk Kesehatan Jantung Anda

Jantung, merupakan salah satu organ penting kehidupan manusia. Terletak di tengah agak kiri dan terlindung tulang dan terlindung tulang rusuk, jantung berfungsi sebagai organ pemompa darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Jantung adalah organ berupa otot, berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Apex-nya (puncak) miring ke sebelah kiri. Berat jantung kira-kira 300 gram.

Penyakit terkait jantung, merupakan hal yang sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kematian. Pada tahun 2014, di Indonesia tercatat 35% kasus kematian adalah penyakit jantung. Namun sebenarnya, penyakit jantung merupakan penyakit yang dapat dicegah datangnya, dengan berhenti merokok, berhenti minum minuman keras dan berhenti mengkonsumsi obat terlarang, berperilaku hidup sehat, dan rajin berolahraga.

Untuk mendampingi anda dalam menjaga kesehatan, telah hadir beberapa aplikasi yang dapat ditanamkan dalam HP cerdas anda. Bukan hal asing lagi sebuah HP cerdas berada di dalam genggaman anda, sehingga layak dikatakan kehadiran aplikasi berikut dapat menjadi asisten pribadi anda untuk jantung sehat anda. Apa saja aplikasi itu? Berikut liputannya.

 

Cardiograph

Aplikasi android untuk mendeteksi kesehatan jantung yang pertama ada Cardiograph. Aplikasi ini mempunyai desain tampilan yang sangat menarik. Pada aplikasi ini terdapat fitur Mulitiple Profiles yang dapat menyatukan para pengguna aplikasi ini dengan menggunakan profil dan riwayat dari hasil pendeteksian. Aplikasi ini sangat baik di gunakan apabila android telah memiliki perangkat built ini berupa camera flash supanya dapat memberikan hasil deteksi yang baik. Untuk cara kerjanya tentu saja dapat di samakan dengan aplikasi pendeteksi jantung lainnya.

 

Instant Heart Rate

Aplikasi android untuk kesehatan jantung yang kedua ada Instant Heart Rate. Aplikasi android ini mempunyai rating yang sangat tinggi dan merupakan alat pendeteksi jantung yang dapat di gunakan dengan mudah. Cara menggunakannya yaitu dengan melekatkan jari telunjuk anda pada arah kamera android anda dan setelah itu hitunglah detak jantung anda. Dengan alat ini nantinya anda dapat mengontrol kecepatan jantung anda dan melihat apakah tinggi, rendah, atau normal. Aplikasi ini sangat baik apabila di jalankan pada android yang dilengkapi dengan lampu flash terlebih jika digunakan pada tempat yang terang.

 

Runtastic Heart Rate Monitor

Aplikasi android untuk kesehatan jantung yang kelima ada Runtastic Heart Rate Monitor. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui seberapa cepat detak jantung anda. Pada aplikasi ini terdapat banyak fitur yang menarik. Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat mengetahui kondisi jantung pada saat normal, sakit, dan juga stress. Untuk hasil deteksi jantung juga dapat di unggah dan di analisis kemudian dapat di bandingkan dengan hasil deteksi pada minggu atau bulan sebelumnya.

 

Heart Rate Plus

Aplikasi android untuk memeriksa kesehatan jantung yang keempat ada Heart Rate Plus. Pada aplikasi kesehatan jantung ini terdapat beberapa fitur seperti Android Wear Support yang dapat langsung mengekspor hasil deteksi jantung ke CVS file. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan reminder guna mengingatkan anda untuk rajin mendeteksi keadaan jantung anda setiap hari. Cara untuk menggunakannya sangat mudah yaitu dengan meletakkan jari telunjuk anda pada kamera android dan manfaatkanlah lampu flash untuk memberi hasil yang maksimal. Jika sudah maka tahan hingga 5 detik dan setelah itu tunggu hasil pendeteksiannya.

 

Heart Rate Monitor

Aplikasi pendeteksi kesehatan jantung yang ketiga ada Hear Rate Monitor. Cara kerja dari aplikasi ini untuk dapat melakukan pendeteksian pada detak jantung yaitu dengan mengecek laju darah yang terdapat pada jari telunjuk anda. Cara untuk menggunakan aplikasi ini yaitu dengan menempelkan jari telunjuk anda pada kamera dan setelah itu langsung klik start. Jika sudah maka tunggu hasil prosesnya selesai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka sebaiknya di lakukan pada pencahayaan yang cukup terlebih jika kamera di dukung dengan adanya flash.

Aplikasi Android Untuk Kesehatan Jantung saat ini sudah dapat anda download dan jika anda bingung dalam mencari aplikasi tersebut maka ulasan di atas dapat anda gunakan sebagai review untuk memilih jenis aplikasi yang tepat.

 

Sumber :

http://www.teknogrezz.com

http://www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

http://tekno.kompas.com

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 8.695
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.880.872