Detail Artikel


  • 02 Juli 2017
  • 1.645
  • Artikel

Keluarga Sehat, Indonesia Sehat

Keluarga, menurut Undang-undang No. 10 tahun 1992, merupakan suatu ikatan atas dasar perkawinan antara orang dewasa yang berlainan jenis yang hidup bersama atau seorang laki-laki atau seorang perempuan yang sudah sendiri dengan atau tanpa anak, dan tinggal disuatu rumah tangga. Secara sosial, keluarga merupakan subsistem komunikasi sebagai system social yang bersifat unik dan dinamis. Artinya, keluarga merupakan komunitas sosial terkecil yang memiliki peran membentuk karakter dan kepribadian komunitas sosial yang lebih besar, bahkan komunitas sosial bangsa dan Negara.

Beberapa saat lalu, Indonesia memperingati hari keluarga nasional, tepatnya 29 Juni. Beberapa alasan ditetapkannya hari keluarga nasional dalam sejarahnya, antara lain mewarisi semangat kepahlawanan dan perjuangan bangsa, tetap menghargai perlunya keluarga bagi bangsa, dan membangun keluarga yang bekerja keras dan mampu berbenah diri. Di era modern ini, banyak harapan yang bisa dibangun dari dalam keluarga. Hari keluarga nasional tahun 2017 diharapkan menjadi momentum upaya membangun karakter bangsa dan mewujudkan Indonesia sejahtera, semakin mendorongkeluarga-keluarga untuk terus menjaga dan memelihara nilai-nilai kebersamaan, menumbuhkan semangat kerjasama, rasa integritas, etos kerja, dan nilai gotong royong dalam hidup berkeluarga.

Mengingat peran penting keluarga, Kementerian Kesehatan RI turut membuat terobosan dengan melibatkan keluarga dalam proses pembangunan kesehatan. Program terobosan ini diberi nama Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga. Program ini nantinya akan dilaksanakan secara teknis oleh Puskesmas sebagai ujung tombak terdepan pembangunan kesehatan. Garis besar dari program ini yaitu sasaran utama adalah keluarga, diutamakan promotif dan preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat, serta kunjungan rumah secara aktif dan pendekatan siklus kehidupan.

Berdampingan dengan program Germas, diharapkan program ini dapat berjalan maksimal untuk membangun kesehatan. Derajat kesehatan yang baik di tiap keluarga, berarti akan mendukung derajat kesehatan secara nasional, demi terwujudnya Indonesia sehat.

Sumber :

https://nrmnews.com/2016/04/30/hari-keluarga-nasional-momentum-memaknai-arti-keluarga

http://dinkes.lampungprov.go.id/persiapan-harganas-xxiv-hari-keluarga-nasional-tahun-2017/

http://www.depkes.go.id/article/view/16040400003/menkes-mari-bersama-sukseskan-germas-dan-keluarga-sehat.html

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 30.342
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.003.001