Detail Berita


  • 14 Juli 2020
  • 222
  • Berita

Germas Esok, mau apa?

Program Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yang melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya agar dapat berperan dalam pembangunan kesehatan dengan menekankan pada upaya promotif dan preventif. Germas telah dicanangkan Oleh Bapak Presiden RI dengan Instruksi Presiden no 1 tahun 2017 dan telah di tindak lanjuti dengan regulasi di tingkat provinsi dan Kabupaten/kota. Adapun  tujuan program GERMAS adalah :

  1. Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan;
  2. Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk;
  3. Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan serta
  4. Penguatan sistem kesehatan; Pendekatan siklus hidup; Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan berfokus pada pemerataan layanan.

Dengan adanya Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019 yang telah menjadi perhatian dunia semenjak bulan Februari 2020,bermula di salah satu daerah di Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus ini kemudian menyebar hingga dunia. Sehingga WHO menyatakan menjadi pandemi Global . jumlah penderita sampai ratusan ribu orang yang terinfeksi. Indonesia pun tidak luput dari kedatangan Covid-19 dengan kasus pertamanya pada awal maret 2020 lalu yang kini setiap harinya selalu bertambah jumlahnya baik  kasus Orang Dalam Pemantuan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Positip COVID-19 , yang sembuh maupun yang meninggal.

Dampak COVID-19 merubah berbagai tatanan, tidak hanya tatanan kesehatan tetapi pada tatanan sosial, ekonomi dll. Memasuki kondisi adaptasi kebiasaan baru perlu gerakan dan komitmen bersama untuk melakukan perilaku yang dianjurkan seperti  wajib pakai masker, sering cuci tangan atau hand sanitizer serta jaga jarak.

Untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat maka diperlukan suatu upaya menggerakkan seluruh elemen baik dukungan dari sektor pemerintah, penggalangan kemitraan dengan swasta, organisasi kemasyarakatan, serta seluruh elemen masyarakat lainnya melalui penyelenggaraan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan penyebarluasan informasi. Untuk optimalisasi implementasi Germas di DIY perlu rapat koordinasi lintas sektor pelaksanaan GERMAS, dan mengingat pandemi Covid-19 dimana mengharuskan untuk menghindari kerumunan, maka rapat diselenggarakan secara online dengan videoconference.

Maksud diselenggarakannya kegiatan adalah memperoleh gambaran rencana aksi Germas di masa pandemi sebagai bahan penyusunan RAD Germas DIY tahun 2020 sd 2023. Sedangkan tujuan penyelenggaraan rapat adalah Mendapatkan informasi kebijakan nasional dan implementasi Germas di masa pandemi, Review RAD Germas DIY di masa pandemi, serta Mendapat informasi RAD Germas dari masing- masing OPD.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juli 2020. Peserta sebanyak 37 orang yang berasal dari instansi-instansi yang tercantum dalam RAD Germas No. 44 Tahun 2017, ditambah dari instansi, LSM, serta ormas pendukung lainnya.. Sedangkan narasumber berasal dari Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI, Dinas Kesehatan DIY.

Dari hasil kegiatan, didapatkan bahwa pesan Germas untuk pencegahan Covid-19 adalah

a.  Penurunan resiko : jaga jarak, pakai masker, ctps,

b.  Jika muncul gejala

c.  Saluran pesan melalui : massa, digital, virtual, interpersonal.

d.  Kapasitas peran serta masyarakat : dpt lewat kader, PKK, karang taruna dll

e.  Kemitraan, perluasan jangkauan pesan

Terkait indikator Germas Kabupaten/kota menerapkan kebijakan GERMAS, maka aplikasinya adalah punya kebijakan dan melakukan gerakan masyarakat, dan untuk masa pandemi Covid-19 antara lain rapid test masal. Hal Yang perlu di upayakan saat ini adalah memperkuat pembudayaan GERMAS, meningkatkan keterlibatan semua pihak, mendorong dan mengimplementasi adaptasi kebiasaan baru di semua tatanan

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.889
  • Bulan Ini

  • 114.766
  • Total Kunjungan

  • 821.836