Detail Artikel


  • 29 Desember 2016
  • 7.367
  • Artikel

Awasss..Jangan Taruh HP di Samping Anda Tidur!!

Di era 2016 yang hampir berakhir ini dan hampir memasuki tahun 2017, sebuah gadget ringan praktis bernama handphone telah menjadi barang yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Lihatlah saja, seberapa lama seseorang saat ini mampu untuk bertahan tidak “utak-atik” handphone. Sampai-sampai ada pepatah plesetan yang muncul tentang handphone atau yang akrab disebut HP ini, yaitu “HP mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat”. Pepatah ini wajar muncul, karena nyaris di setiap hidup manusia, terutama remaja atau ABG, tak lepas dari HP. Terkadang, saking lekatnya HP pada kehidupan manusia, banyak terjadi disaat tidur pun HP tergeletak disampingnya persis. Bukan hanya pada tempat yang persis bersanding dengan ranjang, saat ini sering HP tergeletak pada satu ranjang dengan tidur kita umat manusia.

Mungkin saja anda sudah mengetahui tentang bahaya apa yang timbul dengan kebiasaan ini. Artikel ini hanya mengulasnya untuk mengingatkan kembali bahayanya tidur bersanding dengan HP, karena jelas sangat mengganggu kesehatan. Apa saja bahanya? Berikut 10 bahaya yang sering terjadi.

1.      Tumor otak

Ponsel memiliki radiasi yang bisa memicu pertumbuhan neoplasma, yang diakibatkan oleh regenerasi sel yang tidak berjalan semestinya. Berdasarkan pada pengamatan kasus yang sudah terjadi, tumor otak lebih sering dialami oleh orang dewasa yang masih berusia produktif.

Namun penyakit di atas juga bisa diderita oleh anak-anak mereka yang berusia lebih muda. Memang, sempat ada perdebatan mengenai hal ini, namun ada baiknya mulai sekarang kita mulai mencoba menghilangkan kebiasaan tidur di dekat HP untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terburuk.

 

2.      Kanker

Radiasi yang disebabkan oleh ponsel ternyata tidak hanya bisa menyebabkan tumor di otak, namun juga memicu kanker. Penelitian menunjukkan bahwa radiasi tersebut memberikan pengaruh pada proses pembelahan sel di dalam tubuh, membuatnya menjadi tak terkendali. Akibatnya, muncul sel-sel abnormal yang lantas menginfeksi bagian tubuh yang sering terkena kontak dengan smartphone. Misalnya kulit tangan atau bagian telinga. Namun bagian tubuh lain seperti perut juga bisa menjadi korban. Pasalnya, tak jarang kita lupa dan sempat menindih ponsel ketika sedang tidur.

 

3.      Kebakaran

Dunia maya dibuat heboh ketika ada kabar yang mengatakan bahwa rumah seseorang terbakar ketika ia sedang tidur. Usut punya usut, ternyata sumber api berasal dari smartphone milik si korban. Disebutkan bahwa smartphone tersebut sejatinya sedang di-charge.

Namun karena sang pemilik memutuskan untuk tidur dan tidak menunggu daya baterai penuh, ponsel mengalami kelebihan daya, menjadi panas, dan akhirnya memicu timbulnya kobaran api. Tentu jika sampai menimbulkan korslet, hal ini bisa memicu bahaya yang lebih besar, seperti ledakan.

4.      Pusing kepala

Ternyata radiasi ponsel benar-benar tidak bisa dianggap remeh. Setelah sebelumnya diklaim mampu menimbulkan tumor dan kanker, dalam taraf yang lebih ringan, gelombang RF yang timbul dari perangkat smartphone akan membuat kita merasa sakit kepala, dan pusing. Bergantung pada kondisi masing-masing orang, tidak jarang ada yang merasa mual dan ingin muntah.

5.      Tidur tak nyenyak

Tidur dengan waktu yang lama tidak akan bermanfaat jika waktu tidur tersebut tidak berkualitas. Nah, rupanya hal ini tidak bisa dicapai jika kita tidur di dekat ponsel. Kok bisa? Ya, alih-alih berkonsentrasi untuk memejamkan mata dan beristirahat, pikiran kita secara tidak sadar selalu mendorong untuk mengecek informasi terbaru di ponsel. Entah itu dalam bentuk membuka akun media sosial, berselancar di Internet, bertukar pesan dengan orang lain, dan masih banyak lagi.

6.      Gangguan jantung

Jangan pernah meremehkan maut, karena kita nggak pernah tahu kapan ia akan datang. Maut bisa muncul dari hal-hal remeh, termasuk di antaranya tidur di samping ponsel. Beberapa bulan silam dunia maya dibuat heboh ketika ada pemberitaan yang mengatakan bahwa seseorang harus kehilangan nyawanya usai mendengar nada panggil teleponnya sendiri. Bisa jadi si korban memiliki penyakit jantung dan dibuat terkejut ketika smartphone-nya berdering di tengah malam.

7.      Memperparah gejala Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang berusia tua. Penyakit ini memiliki gejala-gejala seperti penurunan daya ingat, kesulitan melakukan tugas-tugas sederhana, perubahan karakter, hilangnya minat, dan masih banyak lagi. Semua kondisi ini bakal makin parah jika penderita Alzheimer berbaring di kasur yang diletakkan dengan ponsel. Radiasi yang ditimbulkan sudah pasti akan memberikan efek negatif pada otak.

8.      Kelelahan

Bahaya satu ini masih ada hubungannya dengan kualitas tidur. Ketika kamu mencoba untuk membuat tubuh berada dalam keadaan terlelap, pikirannya tetap sadar dan mencoba mengingat-ingat informasi apa yang ingin kamu cari di smartphone. Akibatnya, otak tidak mendapat cukup waktu untuk beristirahat dan keesokan harinya kita tetap merasa lelah dan mengantuk, meski sudah melahap cukup banyak waktu untuk beristirahat.

9.      Mengganggu metabolism

Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel ternyata juga sanggup mempengaruhi proses metabolisme yang ada di dalam tubuh kita. Ketika kita sedang tidur, tubuh akan berusaha memaksimalkannya untuk melakukan proses metabolisme. Nah, proses tersebut akan mengalami gangguan jika tidur kita tidak terlalu nyenyak dan ditambah lagi, mendapat paparan radiasi dari ponsel. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli juga mengatakan bahwa radiasi ponsel bisa membuat kita merasa lelah dan gelisah.

10.  Jari kelelahan

Meski terlihat sebagai kegiatan sederhana, mengoperasikan smartphone atau ponsel terlalu lama bisa membuat jari-jemari kita menjadi cepat lelah. Hal ini terutama terjadi ketika kita sedang berada di tempat tidur dan tengah menggunakan smartphone atau tablet dalam posisi berbaring dan gadget berada di atas kepala.

Selang waktu 10-20 menit, jari-jari kita akan merasa lelah dan kondisi ini bisa bertahan hingga keesokan harinya. Oleh karena itu sebaiknya smartphone tidak perlu disimpan di dekat tempat tidur agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya.

Sumber :

www.artikeldokter.com

www.anekatop10.com

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.630
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.898.497