Detail Info Kegiatan


  • 26 Februari 2021
  • 932
  • Info Kegiatan

Forum Organisasi Perangkat Daerah Dinas Kesehatan DIY

Yogyakarta , 24 Februari 2021, Forum Organisasi Perangkat Daerah (Forum OPD) Dinas Kesehatan DIY dilaksanakan secara luring di Aula C Dinas Kesehatan DIY dan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Forum OPD ini dihadiri kurang lebih 50 peserta dari berbagai lintas sektor melalui daring, dan 20 orang yang hadir secara luring. Pelaksanaan forum OPD secara luring tetap dengan menjalankan protokol kesehatan.

Forum OPD Dinas Kesehatan DIY dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan, Ibu drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan dari dilaksanakannya forum OPD ini untuk memetakan permasalahan kesehatan, masalah prioritas dan rencana kerja. Isu strategis yang dihadapi Dinas Kesehatan DIY di tahun 2020 adalah pandemi Covid-19, permasalahan darurat dan potensi bencana, multiple burden of disease dari penyakit tidak menular, permasalahan gizi dan KIA dan permasalahan pelayanan kesehatan. Permasalahan ini sudah dihadapi Dinas Kesehatan DIY dari sebelumnya, tetapi adanya pandemi Covid-19 semakin memperparah masalah yang dihadapi.

Arah dan kebijakan di tahun 2022 adalah pemanfaatan dan pemulihan ekonomi, diantaranya reformasi kesehatan selama pandemi Covid-19. Dinas Kesehatan DIY memiliki program dan kegiatan yang memerlukan dukungan promotif dan preventif dari pihak lain. Melalui pelaksanaan forum OPD ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah kesehatan yang sedang dihadapi, dan penetapan regulasi serta kebijakan dapat satu arah dan tujuan.

Ibu Chrestina Erni Widyastuti, SE, M.Si sebagai pembahas dari Bappeda DIY juga menggarisbawahi bahwa program dan kegiatan Dinas Kesehatan DIY sudah sesuai dengan isu nasional dan juga sesuai dengan RKPD 2022. Dinas Kesehatan DIY sudah baik dalam menjalin kerjasama dengan OPD lain, ini yang harus dipertahankan, sehingga kolaborasi dapat terus dijalin guna mencapai program-program yang telah direncanakan.

Pembahas berikutnya adalah tenaga ahli Dinas Kesehatan DIY, Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes, MAS. Beliau menekankan bahwa pandemi Covid-19 telah mendistraksi seluruh persoalan negeri, tidak hanya dari sisi kesehatan bahkan sosial pun terdampak. Meskipun kata kuncinya adalah kesehatan, namun sektor lain tetap terkait. Sehingga harus ada pemahaman bahwa kita adalah satu sistem. Bidang kesehatan adalah mikronya, sedangkan makronya adalah semua bidang. Maka kita harus saling menjaga, apabila ada yang lemah, yang lain bertugas untuk menopang bahkan mengembangkan. Sekarang masyarakat juga harus proaktif, sehingga semua memberikan dukungan, berperan dan saling mengandalkan. Jika semua ikut bergerak, maka masalah akan cepat teratasi.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.186
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.177.796