Detail Artikel


  • 16 April 2017
  • 1.393
  • Artikel

Evaluasi Bulan 3

Sebagai salah satu langkah dalam pengukuran keberhasilan pembangunan adalah dengan evaluasi yang dilakukan secara berkala terhadap upaya pembangunan tersebut. Selain untuk mengukur keberhasilan, upaya evaluasi juga digunakan untuk mengetahui efektifitas kebijakan pembangunan yang diambil, serta menjadi bahan penyusunan perencanaan yang lebih baik untuk waktu selanjutnya. Dengan kata lain, evaluasi pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari siklus manajemen.


Pembangunan kesehatan di DIY merupakan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan DIY, sedangkan untuk ketugasan melakukan evaluasi terhadap progres dan hasil pembangunan kesehatan oleh Dinas Kesehatan DIY itu sendiri, berada di pundak subbag Program. Fungsi yang melekat bersama perencanaan ini, mengakibatkan besarnya peran evaluasi terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan di DIY.


Untuk melaksanakan ketugasan tersebut, subbag Program melaksanakan evaluasi yang dilakukan setiap terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan beserta UPT di lingkungan Dinas Kesehatan DIY. Rangkaian evaluasi yang dilaksanakan ini, merupakan evaluasi terhadap realisasi fisik pelaksanaan kegiatan, realisasi penggunaan anggaran, serta progres pelaksaan kegiatan. Evaluasi dilakukan terhadap kegiatan yang bersumber APBD serta dana dekonsentrasi.


Selain evaluasi dengan pengukuran tingkat realisasi dan progres kegiatan, subbag program juga mengadakan rapat koordinasi monitoring dan evaluasi setiap bulannya. Rapat ditujukan untuk memastikan kembali realisasi dan progres yang dicapai, serta untuk melakukan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya yang telah tertera di dalam dokumen perencanaan.


Pada tanggal 5 Maret 2017, subbag program menyelenggarakan rapat koordinas evaluasi kegiatan Dinas Kesehatan DIY, dimana rapat ditujukan untuk melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Rapat dilakukan dengan metode desk, dan dihadiri oleh semua seksi dan UPT di lingkungan Dinas Kesehatan DIY. Dari hasil rapat, diketahui, masih banyak progres kegiatan yang masih rendah. karena memang tidak direncanakan dilaksanakan bulan Maret.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.174
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.882.351