Detail Artikel


  • 02 Juli 2018
  • 5.669
  • Artikel

Diet Mayo Apakah Aman?

Saat ini sangat banyak peminat diet mayo dan bahkan usaha-usaha makanan atau sebut saja katering makanan menawarkan berbagai macam menu yang didominasi oleh sayuran dan sumber-sumber protein namun tanpa nasi dan diolah tanpa garam. Berdasarkan beberapa sumber informasi yang dimuat dalam hello sehat didapatkan bahwa diet mayo dapat menurunkan berat badan 5 kg hingga 7 kg dalam 13 hari atau kurang dari 2 minggu untuk mendapatkan berat ideal yang diinginkan. Namun apakah diet mayo yang ditawarkan merupakan salah satu diet yang sehat untuk dilakukan.

Berdasarkan sumber informasi diet mayo belum dapat dibuktikan manfaatnya untuk kesehatannya dan belum diketahui dampak jangka panjang yang akan timbul, namun berkurangnya berat badan akibat mengkonsumsi diet mayo bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan karbohidrat yang ada dalam tubuh, selain itu berdasarkan hasil pengamatan seorang dokter spesialis gizi, didapatkan informasi bahwa kalori yang masuk kedalam tubuh hanya setengah dari kalori yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu pelaku diet mayo kemungkinan tidak sadar apabila ia mengalami defisit kalori. Padahal Menurut Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) yang dimuat dalam penelitian Supriyono jumlah kalori pada perempuan diberikan minimal 1000-2000 kal/kgBB per hari dan laki-laki 1200-1600 kal/kgBB per hari. Sedangkan apabila kita kekurangan kalori dalam tubuh maka dampak yang kita dapatkan yaitu kita tidak dapat berkonsentrasi dan melakukan aktifitas yang berat sekalipun. Apalagi tidak adanya asupan garam yang diberikan dalam tubuh dapat menyebabkan cairan dalam tubuh yang kurang. Sehingga dapat dikatakan bahwa diet mayo memang dapat menurunkan berat badan dengan cepat namun apabila untuk menjaga kesehatan tubuh maka diet mayo tidak terlalu disarankan. Oleh karena itu apabila ingin diet yang sehat tentu saja dengan makan makanan yang sesuai kebutuhan tubuh dan berolahraga dengan teratur, dengan berolahraga tidak hanya mendapat tubuh yang sehat namun dapat membuat badan yang segar dan bugar.

 

Referensi :

1.      https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/kelebihan-kekurangan-diet-mayo/

2.      https://www.liputan6.com/health/read/3230521/pantas-berat-badan-cepat-turun-saat-diet-mayo-ternyata

3.      Supriyono M J. Pengaruh Edukasi Diabetes Melitus Berbasis Aplikasi Sosial Media Terhadap Pengetahuan Diet Penderita Diabetes Melitus. Thesis. 2017.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.069
  • Bulan Ini

  • 114.766
  • Total Kunjungan

  • 908.352