Detail Info Kegiatan


  • 24 Maret 2022
  • 163
  • Info Kegiatan

Bimbingan Tekhnis Dokter Pendamping Program Intership Dokter Indonesia (PIDI) DIY

Bertempat di Aula C Dinkes DIY pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022 Dinas Kesehatan DIY melalui Seksi Standardisasi Tenaga dan Sarana Kesehatan melaksanakan Bimbingan Teknis Dokter Pendamping PIDI Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan secara hybrid (luring dan daring).

Latar belakang penyelenggaraan Bimbingan Teknis Dokter Pendamping PIDI DIY adalah adanya kebutuhan di beberapa wahana baik di RS dan puskesmas yang  belum memiliki dokter pendamping yang sudah dilatih maupun yang sudah dilatih lebih dari 5 tahun yang lalu, meskipun telah dilakukan upaya pengusulan pelatihan bagi Dokter Pendamping PIDI dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sampai Kementerian Kesehatan.

Maksud dan tujuan kegiatan Bimbingan Teknis dokter pendamping adalah meningkatkan kompetensi dokter pendamping sehingga dapat tetap melaksanakan tugas pokok dan fungsi pendamping serta dapat tetap berperan sebagai mentor, tokoh panutan, motivator dan assessor bagi peserta internsip.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 dokter pendamping dan sekretariat PIDI DIY sebagai fasilitator. Narasumber Bimtek tersebut dari Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) DIY, Dokter Pendamping dari wahana Puskesmas dan Dokter Pendamping dari wahana Rumah Sakit.

Untuk sesi pertama adalah Kompetensi Dasar Dokter Pendamping dan Teknik Pendampingan, disampaikan oleh dr. Budwiningtijastuti, M.Kes (KIDI DIY/widyaiswara Bapelkes DIY)selanjutnya disampaikan materi Teknis Pendampingan, Evaluasi Kinerja dan Pelaporan peserta PIDI di Rumah Sakit oleh dr. Nurhayati (RSUD Kota Yogyakarta)dan Teknis Pendampingan, Evaluasi Kinerja dan Pelaporan peserta PIDI di Puskesmas oleh dr Desi Arijadi (Puskesmas Moyudan).

 

Kesimpulan dari pertemuan ini adalah Dokter pendamping memegang peranan penting dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan Program PIDI di wahana, Forum Bimtek dan WAGrup Dokter Pendamping dapat menjadi sarana komunikasi, tempat diskusi dan media pembelajaran/ sharing pengalaman bagi DP dalam memecahkan masalah yang terjadi di lapangan, Optimalisasi monitoring dan evaluasi pelaksanaan PIDI di DIY.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 256
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.737.698